Beranda Informasi Berapa Biaya Operasi Katarak? Tergantung 3 Hal Ini

Berapa Biaya Operasi Katarak? Tergantung 3 Hal Ini

Biaya operasi katarak, khususnya di Jawa Timur ini berkisar dari Rp. 5 Jutaan. Biaya atau harga operasi katarak ini tergantung atas 3 hal ini.

421
0
BERBAGI
Biaya Operasi Katarak Jawa Timur

Benarkah Biaya Operasi Katarak Mahal?
Mahal atau murah, sesungguhnya bergantung pada setiap persepsi orang. Ada yang merasa harga operasi katarak itu murah karena merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Ada yang merasah mahal, sehingga masih berkeinginan menunda melakukan operasi katarak.


Pada dasarnya, biaya dari operasi katarak terbilang terjangkau dan murah dibandingkan tindakan operasi lainnya. Di Jawa Timur sendiri, biaya dari operasi katarak dimulai dengan harga Rp. 6 Jutaan.

Inilah Kisaran Biaya Operasi Katarak di Jawa Timur

Bahkan, berdasar penelusuran tim Pusat Katarak, beberapa penyedia layanan atau fasilitas kesehatan justru memberikan harga khusus operasi katarak hingga biaya operasi katarak menjadi Rp. 5 Jutaan.

Biaya Operasi Katarak Jawa Timur


Faktanya, setiap calon pasien operasi katarak bisa menentukan sendiri biaya operasi kataraknya.
Mengapa harga dari operasi katarak menjadi lebih mahal dibandingkan biasanya? Hal ini bergantung pada 3 hal ini:

  1. Jenis Layanan
    Penentuan jenis layanan, tentunya akan berpengaruh besar pada harga operasi katarak yang akan akan Anda lakukan.

    BPJS Kesehatan/Asuransi
    Bila Anda mengunakan layanan BPJS Kesehatan atau asuransi, maka biaya operasi katarak Anda bisa di cover secara menyeluruh atau sesuai dengan peraturan yang ada pada asuransi.

Umum
Mungkin biaya yang dikeluarkan tak akan membuat total biaya operasi katarak menjadi terlalu tinggi, sebab layanan umum ini kerap dipilih pasien untuk memeriksakan diri.

VIP
Berbeda dengan layanan lainnya,  VIP atau layanan prioritas di fasilitas kesehatan tentunya bisa membuat Anda merasakan pelayanan yang lebih baik dan utama. Karena itu, layanan jenis ini terbilang lebih mahal karena beberapa keunggulan, seperti: tanpa antri, lebih privat, prioritas jadwal dokter, hingga tempat yang lebih nyaman.

  1. Jenis Lensa
    Jenis lensa pada operasi katarak sangat berpengaruh pada penambahan biaya operasi katarak yang Anda jalani. Sebab, setiap lensa premium yang dipilih ini memiliki manfaat untuk mengatasi kelainan refraksi sekaligus.

Jenis lensa ini dipilih dokter mata sesuai kebutuhan pasien. Selain katarak, pasien dapat sembuh dari gangguan refraksi seperti: mata minus (Myopia), presbyopia, dan silinder (astigmatisme). Menariknya, beberapa gangguan refraksi dapat langsung diatasi sekaligus .


Karena itu, pemilihan jenis lensa pengganti dalam operasi katarak juga mempengaruhi harga atau biaya operasi katarak.

Baca juga: 4 Manfaat IOLs Premium Operasi Katarak

  1. Teknik Operasi
    Ada beberapa macam teknik operasi yang digunakan dalam operasi katarak. Setiap fasilitas kesehatan atau  telah memiliki beberapa teknik operasi yang memiliki masing-masing kesulitan dan keunggulan yang tentunya mempengaruhi biaya operasi katarak. Teknik operasi katarak tersebut, diantaranya operasi katarak konvensional dan modern.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Teknik Operasi Katarak

Jadi, biaya operasi katarak akan disesuaikan dengan fasilitas dan lensa yang dipilih. Pasien bisa memilih sendiri kebutuhan lensa untuk operasi kataraknya.

Namun tenang saja, semua hal terkait operasi katarak akan didampingi langsung dan melalui konsultasi dokter spesialis mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here