Home Berita Katarak Daun Binahong Penyembuh Katarak?! Cek Faktanya Yuk!

Daun Binahong Penyembuh Katarak?! Cek Faktanya Yuk!

Daun Binahong Penyembuh Katarak?! Cek Faktanya Yuk!

Dalam dunia medis, Katarak dikenal sebagai salah satu penyakit mata yang punya resiko besar. Lantas adakah obat yang ampuh untuk penyakit mata satu ini? Apakah benar bahwa daun Binahong penyembuh Katarak? 

Di kalangan masyarakat yang masih awam, masih banyak sekali beredar tentang pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit mata. Salah satu contohnya adalah pernyataan bahwa Binahong penyembuh Katarak.

Meskipun Katarak memiliki resiko yang besar, namun sebenarnya ada cara medis yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Bahkan pencegahan sebelum sampai di tahapan parah pun ada. Namun pasien juga harus mengimbangi dengan selalu melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Mengenal Katarak 

Katarak merupakan penyakit mata yang secara umum menyerang penglihatan lansia atau istilahnya adalah proses degeneratif. Katarak bisa dikenali dengan keruhnya lensa bola mata. 

Baca juga: 3 Resiko Katarak Tak Tertangani

Mengenal Katarak Senilis

Lensa mata yang terdapat keruhan ini membuat jalannya cahaya masuk ke mata jadi terhalang. Seiring waktu penyakit mata ini membuat penderitanya mengalami penurunan fungsi penglihatan hingga benar-benar kehilangan penglihatannya atau buta. 

Pengobatan Katarak

Pengobatan pada mata Katarak sebenarnya bisa dipilih berdasarkan tingkat keparahan Katarak itu sendiri. Secara umum jika Katarak yang diderita masih dalam tahap ringan, maka pasien tidak perlu harus mengambil tindakan operasi terlebih dulu. 

Biasanya dokter mata akan memberikan pilihan beberapa jenis obat tetes mata atau obat minum. Obat-obat yang diberikan ini punya khasiat menekan perkembangan Katarak sehingga menjadi lebih parah hingga mengakibatkan kebutaan. 

Sedangkan untuk tingkat Katarak yang sudah parah biasanya hanya bisa ditangani dengan jalan operasi Katarak. Untuk itu pasien harus terlebih dulu melakukan konsultasi dokter mata sehingga bisa diketahui tindakan apa yang paling tepat untuk diambil. 

Namun ada beberapa opini dari masyarakat yang menyatakan terkait khasiat daun binahong penyembuh Katarak. Apakah hal tersebut benar adanya? atau hanya sekedar mitos?

Daun Binahong Penyembuh Katarak? 

Daun Binahong merupakan salah satu jenis daun yang dipercaya menjadi bahan obat tradisional. Namun benarkah daun Binahong penyembuh Katarak? 

Belum ada penelitian yang 100% menyatakan bahwa daun Binahong penyembuh Katarak yang benar-benar ampuh. Meski begitu daun binahong sebenarnya punya manfaat yang bagus bagi kesehatan mata.

Daun Binahong sendiri memiliki ekstrak yang khasiatnya dapat mengurangi Malondialdehid yang ada pada mata. Selain itu daun Binahong juga punya kadar Antioksidan yang sangat tinggi dan punya Antilaraktogenesis yang dapat berfungsi sebagai suplemen kesehatan mata. 

Meski kandungannya sangat baik untuk kesehatan mata, namun daun Binahong tidak dapat menyembuhkan mata Katarak karena Katarak hanya bisa disembuhkan secara total dengan jalan operasi Katarak.  Penggunaan daun Binahong untuk kesehatan mata juga harus diiringi dengan saran dokter.

Baca juga: Daun Sirih Boleh Untuk Obati Mata?

Jeruk Nipis Dapat Obati Mata Kabur?

Manfaat Bawang Putih Untuk Mata Katarak

Selain itu ada juga sebagian masyarakat yang percaya bahwa daun ini dapat mengatasi Refraksi seperti Miopi. Sedangkan Refraksi lebih baik dilakukan dengan metode penggunaan lensa atau dengan tindakan lasik

Jangan Percaya Mitos

Sebagaimana dijelaskan di atas, daun Binahong memang punya kandungan yang baik untuk mata. Namun khasiat daun Binahong lebih cenderung digunakan untuk pencegahan atau menjaga kesehatan mata. Sehingga bisa dibilang pernyataan daun Binahong penyembuh Katarak adalah ‘mitos’. 

Masyarakat dihimbau untuk tidak sembarangan percaya dengan mitos pengobatan tradisional seperti pernyataan bahwa daun Binahong penyembuh Katarak. Hal ini ditakutkan terjadi keluhan lain yang lebih berbahaya dari kondisi Katarak yang ada. 

Layanan Operasi Katarak 

Dengan mengetahui fakta bahwa daun Binahong penyembuh Katarak adalah salah, maka para pasien dengan gangguan Katarak bisa menggunakan solusi aman dengan jalan operasi.

Layanan operasi untuk mata Katarak saat ini sudah semakin umum dijumpai. Bahkan sudah banyak juga yang menawarkan operasi Katarak gratis dengan ketentuan klinik tertentu. 

Selain operasi level biasa, ada juga operasi Katarak premium yang tentu saja punya keunggulan lebih dari operasi Katarak biasa. Operasi premium khusus Katarak adalah operasi yang dilengkapi dengan berbagai layanan VIP. Berikut ada beberapa keuntungan operasi premium Katarak: 

  • Penggunaan Lensa Premium IOLs Premium

Lensa IOLs Premium berbeda dengan lensa pengganti biasa yang dipakai pada operasi Katarak umum. Lensa IOLs Premium cenderung digunakan untuk mengatasi Katarak sekaligus permasalahan Refraksi seperti rabun, minus dan sejenisnya. 

Sehingga pasien hanya perlu melakukan satu tindakan operasi untuk mengatasi dua permasalahan mata tanpa harus menambah tindakan Lasik untuk kelainan Refraksinya. 

Baca juga: Operasi Katarak Dijamin Aman

Rekomendasi RS dan Klinik Operasi Katarak Tanpa Jahit di Bangkalan

  • Jadwal Fleksibel

Selain mendapatkan fasilitas lensa premium, pasien juga bisa mengatur jadwal operasi sesuai dengan kesepakatan bersama dokter yang menangani. Dengan jadwal yang bisa diatur pun pasien operasi premium tidak perlu mengantri saat akan dilakukan tindakan. 

  • Kenyamanan dan Fasilitas Spesial

Semua fasilitas yang didapatkan selama masa perawatan menggunakan fasilitas VIP yang sudah jelas lebih nyaman dibandingkan fasilitas pasien umum. 

Operasi Katarak umumnya hanya berlangsung sebentar. Resiko atau efek setelah operasi juga jauh lebih aman dibandingkan dengan penggunaan obat herbal seperti Binahong yang mitosnya daun Binahong penyembuh Katarak. Apalagi keberhasilannya juga tidak bisa dipastikan.

Sumber: dr. Idham Mustahid, Sp.M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here