Home Informasi Kenapa Mata Bengkak dan Berair Pada Anak?

Kenapa Mata Bengkak dan Berair Pada Anak?

Kenapa Mata Bengkak dan Berair Pada Anak?

Pernahkah Anda mengalami gejala mata bengkak dan berair? kenapa mata bengkak dan berair bisa terjadi? Ada banyak sekali jenis penyakit mata yang memiliki resiko cukup berbahaya. Beberapa contoh penyakit mata berbahaya bisa seperti Glaukoma, Katarak, hingga Selulitis Orbita. 

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Selulitis Orbita. Penyakit mata yang satu ini merupakan jenis penyakit mata berupa infeksi yang menyerang rongga pada bola mata.

Secara umum jenis penyakit mata Selulitis Orbita ini lebih kerap dialami oleh anak-anak dengan rentang usia di bawah 9 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga beresiko terkena penyakit mata ini. Untuk itu penting untuk mencari tahu secara tepat dan cepat terkait penyebab kenapa mata bengkak dan berair. 

Penyebab Kenapa Mata Bengkak dan Berair (Selulitis Orbita)

Penyebab utama yang umum pada jenis penyakit mata ini adalah jamur dan bakteri. Sebenarnya infeksi jamur atau bakteri yang menyebabkan Selulitis Orbita ini bisa menyerang bagian tubuh selain mata. Namun penyakit ini cenderung mudah menyebar hingga ke bagian mata. Itulah kenapa mata bengkak dan berair bisa terjadi lebih cepat pada diagnosa Selulitis Orbita. Adapun jenis bakteri yang menginfeksi mata pada Selulitis Orbita adalah Staphylococcus aureus. 

Baca juga: Mata Sering Silau, Tanda Apa?

Mengecek Tekanan Bola Mata

Untuk lebih detailnya terkait kenapa mata bengkak dan berair saat mengalami Selulitis Orbita adalah karena adanya komplikasi sinusitis yang menyebar ke area orbital septum sehingga keluarlah cairan dalam jumlah banyak maupun sedikit secara terus menerus dan mengakibatkan pembengkakan pada mata. 

Gejala Selulitis Orbita 

Seperti halnya penyakit mata lainnya, Selulitis Orbita juga memiliki gejala-gejala tertentu yang membuat kondisi penderitanya merasa tidak nyaman, utamanya saat beraktivitas yang menggunakan fungsi mata. Beberapa gejala umum yang bisa terjadi adalah: 

  • Terjadi pembengkakan pada bagian kelopak mata yang disertai dengan kemerahan. 
  • Fungsi penglihatan terganggu.
  • Saat melihat objek jadi tampak seperti objek ganda.
  • Mudah lelah
  • Demam disertai sakit kepala.
  • Keluarnya cairan dari hidung dan mata. 
  • Ada rasa nyeri pada bagian mata dan sekitarnya, utamanya saat menggerakkan mata.
  • Reaksi pupil mata mengalami penurunan. 
  • Penderita jadi sulit membuka mata. 

Saat terjadi beberapa gejala sakit mata seperti yang telah disebutkan di atas sebaiknya segera konsultasi dokter mata, sehingga bisa sekaligus memastikan sebab kenapa mata bengkak dan berair dalam kurun waktu yang sering. 

Baca juga: Diplopia, Tanda Katarak?

Kolesterol Tinggi Sebabkan Berbagai Gangguan Mata

Mencegah Mata Tua di Usia Senja

Selulitis Orbita sesuai gejalanya memang bisa sangat mengganggu fungsi penglihatan hingga menjadikan pandangan terlihat ganda dan buram. Namun umumnya gejala tersebut berbeda dengan gangguan refraksi seperti mata minus atau rabun, sehingga tidak bisa dilakukan tindakan lasik

Pengobatan Selulitis Orbita

Setelah mengetahui diagnosa kenapa mata bengkak dan berair pada anak, maka segera lakukan pengobatan yang tepat ke dokter spesialis mata. Untuk pengobatan penyakit mata jenis ini biasanya menggunakan dua pilihan metode, yaitu: 

  • Obat/ Antibiotik

Sebagai langkah awal biasanya dokter mata akan memberikan suntikan antibiotik sejenis Broad Spectrum yang disuntikkan langsung ke pembuluh darah. Selain itu bisa juga diberikan berupa obat-obatan sesuai resep dokter. 

  • Tindakan Operasi

Tindakan operasi atau bedah pada mata ini umumnya hanya dilakukan jika pemberian antibiotik tidak memberikan hasil kesembuhan. Adapun operasi yang dilakukan berbeda dengan operasi Katarak yang harus mengganti lensa. 

Baca juga: Tindakan Operasi Katarak Gratis Menguntungkan 

Operasi Katarak Setelah Lasik?

Operasi Selulitis Orbita dilakukan dengan tujuan pembuangan cairan sinus yang ada pada bagian mata yang terinfeksi, sehingga tidak sampai harus mengganti lensa.

Kapan Harus Periksa Mata?

Masih banyak orang yang lalai untuk segera periksa kesehatan mata saat mengalami mata bengkak atau berair. Banyak orang cenderung menyepelekan gejala gangguan kesehatan mata tersebut.

Waktu paling tepat untuk periksa mata ini adalah saat mulai merasakan gejala pembengkakan atau mata yang mulai bermasalah. Biasanya sebelum terjadi pembengkakan akan ada gejala awal yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman pada bagian mata.

Jika sudah terjadi gejala awal tersebut tandanya ada gangguan yang harus segera ditangani. Sebaiknya jangan tunda untuk memastikan kenapa mata bengkak dan berair, lekas periksakan agar bisa segera ditangani oleh ahlinya. Pasalnya Selulitis Orbita ini beresiko komplikasi berat karena infeksi yang mudah menyebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here