HomeBerita KatarakSemua Manusia Bisa Terkena Katarak

Semua Manusia Bisa Terkena Katarak

Katarak merupakan ketidakmampuan lensa mata untuk mempertahankan kejernihannya karena usia. Dengan menjalani pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan dini saat memasuki usia 50 tahun, kita dapat memperlambat, bukan untuk menghindari terjadinya kondisi tersebut.

Diibaratkan seperti uban yang mulai tumbuh di kepala, semua manusia pasti akan mengalami katarak. Sama seperti uban, kita tidak akan pernah tahu kapan katarak itu ada di diri kita.

Bahkan angka kebutaan di Indonesia sangat tinggi, menurut sebuah rumus dari ahli mata menyebutkan setiap 1,5 % dari 1 juta penduduk mengalami kebutaan dimana 0,78% diantaranya adalah disebabkan katarak. Berarti ada 7800 orang buta disebabkan katarak pada setiap 1 juta penduduk, oleh karena itu menjadi salah satu landasan berdirinya Klinik Mata Utama.

Perlu pembaca ketahui bahwa kemampuan dokter saat ini hanya bisa menangani 400 pasien per satu juta penduduk.

Kemunculan katarak biasa terjadi pada usia 40 atau usia 50 tahun. Tidak menutup kemungkinan ada yang sudah berusia 70 tahun masih hitam saja mungkin.

Salah satu saran dari ahli katarak Klinik Mata Utama yaitu, jika kita berasal dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes, dimohon untuk mulai rutin mengecek gulanya saat berusia 40 tahun ke atas. Karena, begitu 40 tahun ke atas, kita telah memasuki fase tua.

“Apa yang di saat usia muda belum muncul, tiba-tiba di usia 40 ke atas, semuanya akan muncul. Terlebih bila kita sakit, karena adanya riwayat di dalam keluarga. Jangan pernah malas untuk melakukan skrining di usia tersebut,” salah satu pesan dari Dokter Ucok P. Pasaribu, SpM seperti dikutip dari Liputan6.

Foto : eyewear.org

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular