Beranda Informasi Trauma Kimia Pada Mata

Trauma Kimia Pada Mata

339
0
BERBAGI

Trauma kimia pada mata dapat terjadi pada siapa saja, baik secara sengaja maupun tidak sengaja, seperti kecelakaan yang terjadi pada laboratorium, atau tindakan kriminal penyiraman bahan kimia pada wajah seperti yang terjadi akhir-akhir ini. Penting bagi kita untuk mengetahui penanganan segera yang dapat dilakukan untuk mencegah perburukan yang terjadi pada mata akibat trauma kimia.

Trauma kimia pada mata merupakan salah satu keadaan kedaruratan oftalmologi karena dapat menyebabkan cedera mata, baik ringan, berat bahkan sampai kehilangan penglihatan. Trauma kimia diakibatkan oleh zat asam dg PH < 7 ataupun zat basa PH > 7 yg dapat menyebabkan kerusakan struktur bola mata.

Bila terjadi trauma kimia :

1. Irigasi dg air mengalir selama 15-30 menit
2. Bebat pada mata
3. Segera ke pelayanan kesehatan terdekat

Tingkat keparahan trauma kimia pada mata bervariasi berdasarkan jenis bahan yang terpapar, lama paparan, dan tingkat konsentrasi suatu bahan kimia. Sembilan puluh persen kasus trauma dapat dicegah. Ingat untuk selalu menggunakan alat pelindung seperti kacamata jika berada dekat dengan bahan kimia dan ruang terbuka untuk mencegah terjadinya trauma akibat bahan kimia pada mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here