HomeBerita KatarakPerkembangan Teknologi Operasi Katarak Hingga Kini

Perkembangan Teknologi Operasi Katarak Hingga Kini

Teknologi operasi Katarak dalam Kesehatan Mata menjadi salah satu kunci kesejahteraan dalam hidup. Agar senantiasa bisa melihat dengan jelas kita harus menjaga kesehatan mata secara berkala. Namun, tak bisa dipungkiri jika seiring dengan bertambahnya usia akan memperbesar faktor resiko terkena gangguan penglihatan, salah satunya adalah Katarak. Solusi terbaik untuk kondisi ini adalah dengan Operasi Katarak untuk bisa sembuh dan mendapatkan kembali penglihatan normal. Kabar baik datang dari teknologi Operasi Katarak yang kian mengalami perkembangan signifikan. Penasaran dengan teknologi terbaru dari Operasi Katarak yang ditawarkan! Yuk simak penjelasan dibawah ini

Operasi KatarakĀ 

Operasi Katarak Refraktif

Katarak adalah suatu kondisi terjadinya kekeruhan pada lensa mata akibat hidrasi (penambahan cairan lensa), denaturasi protein lensa, atau bisa juga akibat keduanya. Katarak biasanya menyerang salah satu bahkan kedua mata. Katarak bersifat progresif yang semakin berkembang seiring bertambahnya waktu. Katarak menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat dengan jelas. Sebab, dengan lensa yang keruh, cahaya sulit mencapai retina dan menghasilkan bayangan buram pada retina. Jika tidak ditangani dengan baik, penglihatan penderita Katarak akan terganggu bahkan bisa menjadi buta jika semakin parah.

Satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan melakukan operasi katarak. Operasi katarak meliputi dua tahap, yaitu pengangkatan lensa yang keruh dan penggantiannya dengan pemasangan lensa buatan (lensa intraokular). Operasi Katarak merupakan serangkaian prosedur yang dilakukan untuk menyembuhkan Katarak pada Mata. Manfaat yang bisa dirasakan oleh pasien yang telah melakukan operasi katarak adalah penglihatan normal akan didapatkan dalam waktu yang relatif singkat.

Teknologi Operasi katarak premium sangat disarankan untuk Anda. Konsultasi Dokter Mata untuk memeriksa kondisi kesehatan Mata Anda. Kondisi Mata bisa menentukan tindakan yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Anda. Penting untuk diketahui lho! bahwa Katarak menjadi penyakit mata dengan penderita terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, dalam upaya untuk menangani gangguan penglihatan ini, kini telah hadir teknologi Operasi katarak terbaru. 

Baca Juga

Macam-Macam Operasi Berdasarkan Keluhan

Operasi Katarak refraktif!

Lasik

Perkembangan Teknologi Operasi Katarak 

Teknologi Operasi Katarak

Teknologi operasi Katarak telah melalui beberapa fase evolusi dalam beberapa tahun terakhir. Dahulu operasi katarak dilakukan dengan teknik manual yaitu ECCE (Extra Capsular Cataract Extraction) dan ICCE (Intracapsular Cataract Extraction) yang masih memerlukan sayatan lebar untuk mengeluarkan lensa secara menyeluruh. Hal ini menyebabkan luka operasi harus ditutup dengan jahitan yang cukup banyak sehingga mengakibatkan proses pemulihan mata memakan waktu lama.

Operasi katarak sayatan kecil yang disebut SICS (Small Incision Cataract Surgery) merupakan salah satu teknik operasi katarak yang umum digunakan di negara-negara berkembang. Operasi katarak jenis ini memerlukan sayatan berukuran 5-7 mm pada sisi bola mata. Mungkin memerlukan lebih sedikit jahitan dibandingkan ECCE. 

Fakoemulsifikasi adalah teknik ekstraksi katarak terbaik yang tersedia saat ini. Teknik ini menghasilkan rehabilitasi ketajaman penglihatan yang lebih cepat, mengurangi astigmatisme, memberikan prediksi refraksi pasca operasi yang lebih tepat, rehabilitasi lebih cepat, dan tingkat komplikasi yang lebih rendah. Dibandingkan dengan teknik bedah sebelumnya, operasi katarak modern dengan menggunakan mesin fakoemulsifikasi memberikan hasil bedah yang jauh lebih optimal, tidak hanya dalam hal pemberantasan kebutaan katarak, namun juga meningkatkan kualitas hidup. Bahkan sekarang ada Operasi Katarak premium, dimana pasien bisa sembuh dari Katarak sekaligus Kelainan Refraksi dalam satu tindakan. Anda dapat menemukan layanan ini di NEC, Klinik Mata KMU Gresik, dan klinik mata lainnya.  

Baca Juga

Rekomendasi Dokter Mata Surabaya Spesialis Operasi Katarak 

Kapan Katarak Harus Dioperasi? Pastikan Kondisinya!

Operasi Katarak Gratis

Yuk Operasi Katarak

Yuk periksa kondisi kesehatan Mata! Kenali gejala Katarak sejak dini. Lakukan upaya pencegahan Katarak agar tidak menimbulkan kebutaan. Jika telah mengalami gejala-gejala Katarak, segera kunjungi Dokter Mata terdekat di Kota Anda. Pilih Operasi Katarak untuk mendapatkan pengalaman terbaik sembuh dari Katarak. Jangan takut untuk Operasi Katarak, kini telah hadir teknologi Operasi Katarak terbaru dengan peralatan yang canggih. Tunggu apalagi yuk periksa Mata! jangan sampai Katarak merenggut penglihatan Anda. 

Tontonlah Video Tips Menjaga Kesehatan Mata Anda

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments