HomeInformasiBiaya Operasi Katarak di Sidoarjo Tahun 2021

Biaya Operasi Katarak di Sidoarjo Tahun 2021

Bila Anda merupakan masyarakat di sekitar Sidoarjo, Anda pasti bertanya-tanya, apakah biaya operasi Katarak di Sidoarjo mahal? Jawabannya, terjangkau. Operasi Katarak dengan teknik fakoemulsifikasi atau Phacoemulsification (tanpa jahit) sudah bisa didapatkan dengan biaya Rp. 5 Juta.

Dari pantauan Pusat Katarak, biaya operasi Katarak di Sidoarjo ini memang rata-rata Rp. 8 Juta. Namun, Anda bisa menemukan operasi Katarak dengan biaya Rp 5 Juta saja di Klinik Mata KMU Sidoarjo.

Klinik yang berada di jl. Perum Pondok Mutiara No. L 12, Banjarbendo, Sidoarjo, Jawa Timur ini ternyata memberikan harga spesial. Entah sampai kapan masa berlakunya, namun berdasar pantauan Pusat Katarak, special price ini masih berlaku hingga April 2021 ini.

Baca Juga: Operasi Katarak Dijamin BPJS Kesehatan, Ini Aturannya

Biaya Operasi Katarak di Sidoarjo Paling Terjangkau

Sebagai pemilik kartu BPJS Kesehatan, Anda dapat memanfaatkannya bila membutuhkan BPJS Kesehatan. Sebab, faktanya operasi Katarak ini dicover oleh BPJS Kesehatan. Namun, bila Anda memilih layanan umum, maka biaya operasi Katarak di Sidoarjo hanya Rp. 5 juta.

Apa alasan masyarakat memilih layanan umum untuk operasi Katarak?
Tentunya banyak pertimbangan yang dipikirkan sebagian besar masyarakat, yang membuat mereka tak memikirkan lagi biaya operasi Katarak. Dari riset yang dilakukan Pusat Katarak beberapa alasan orang lain memilih layanan umum atau layanan operasi Katarak berbayar karena hal berikut:

  1. Ingin fasilitas lebih
    Secara tindakan medis, dokter mata atau dokter spesialis mata akan melakukan operasi Katarak kepada pasien dengan teknik operasi yang sam, termasuk alat medis. Sehingga, fasilitas lain yang ingin didapatkan orang lain mungkin adalah fasilitas tambahan selian medis. Seperti: ruangan yang mungkin lebih luas, privasi sebuah ruang tindakan, service spesial (tanpa antri, include makanan, dan sebagainya).
  2. Memilih lensa premium
    Sebagai informasi, lensa yang digunakan untuk mengganti lensa keruh (IOL) pada pasien Katarak ini memiliki berbagai jenis. Bila menggunakna layanan BPJS Kesehatan, maka IOL atua lensa Katarak standar digunakan untuk mengganti lensa tersebut. Bila Anda memilih layanan umum, maka pasien bisa memilih lensa Katarak premium (IOLs Premium).

Baca Juga: 4 Manfaat IOL Premium Operasi Katarak


Bukan berarti, lensa standar yang digunakan pada pasien BPJS Kesehatan adalah lensa yang buruk ya Kawan Pusat Katarak. Lensa Katarak premium ini merupakan lensa yang juga bisa mengoreksi kelainan refraksi pasien. Bagaimana maksudnya? Nah, bila pasien Katarak memiliki kelainan refraksi (minus, silinder, atua rabun dekat), maka bisa memilih lensa ini untuk sekaligus mengoreksi atau menyembuhkan kelainan refraksi.

Hasilnya? Katarak yang dihasilkanpun lebih dari sekadar harapan. Tak hanya terbebas dari Katarak namun juga bisa terbebeas dari kelainan refraksi. Sehingga, setelah operasi Katarak maka pasien bisa langsung melihat dengan jelas tanpa bantuan kaca mata taua alat bantu penglihatan lain.

Biaya Operasi Katarak di Sidoarjo
Operasi Katarak dengan Lensa Premium akan memberikan hasil lebih dari harapan
  1. Enggan mengurus administrasi BPJS Kesehatan
    Banyak orang beranggapan, bahwa menggunakan BPJS Kesehatan itu dinilai rumit. Padahal, bila diikuti alurnya dengan baik, administrasi penggunaan BPJS Kesehatan ini tidak sulit loh. Pasien hanya perlu melakukan hal-hal ini:
    a. Pemeriksaan atau skrining dasar Katarak di fasilitas kesehatan Tingat Pertama (Klinik umum dasar atau puskesmas)
    b. Surat rujukan yang diberikan oleh FASKES 1 atau FKTP
    c. Membawa surat rujukan asli, KK, KTP dan kartu BPJS K

Namun, sebagian besar orang menilai alur ini cukup panjang, karena itu, mereka memeilih layanan umum yang tentunya melalui proses yang lebih singkat.

Baca Juga: Berapa Biaya Operasi Katarak? Tergantung 3 Hal Ini

Dua pertimbangan inilah yang kerap membuat pasien memilih layanan umum untuk operasi Katarak disbanding harus menggunakan BPJS Kesehatan. Apakah Anda salah satu yang memilih layanan umum untuk operasi Katarak Anda atau keluarga? Apapun layanan yang Anda pilih, pastikan Anda memilih klinik mata atau RS terbaik untuk melakukan operasi Katarak. Semoga sehat selalu everybody!

Tonton juga video terkait tentang info dan update terkini tentang Katarak

https://www.youtube.com/watch?v=sqV7qudrqXU

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular