HomeInformasi3 Klasifikasi Gawat Darurat Mata

3 Klasifikasi Gawat Darurat Mata

Taukah kalian? Ternyata ada kondisi yang disebut sebagai kondisi gawat darurat mata. Gawat darurat mata ini merupakan kondisi mata yang mengalami keluhan atau masalah yang harus segera di tangani.

Ketika seseorang mengalami gangguan mata yang masuk dalam kategori gawat darurat ini, maka harus segera melakukan pemeriksaan ke klinik mata atau dokter mata terdekat (tanpa ditunda).

Pengertian

Dokter Spesialis Mata Konsultan dr. Uyik Unari, SpM(K) menjelaskan, bahwa kegawatdaruratan ini merupakan keadaan yang mengancam tajam penglihatan seseorang. Hal ini berupa penurunan tajam penglihatan hingga terjadi kebutaan.

Keluhan atau gangguan yang masuk kategori gawat darurat ini memang harus segera dilakukan penanganan oleh dokter mata. Mengingat risikonya yang sangat fatal, juga ketidaknyamanan yang akan dialami pasien, pada waktu keluhan terjadi.

Baca Juga: Auto Refraktometer Keratometer (ARK)

Klasifikasi Gawat Darurat Mata

Lantas, kapankah mata disebut dalam kondisi yang gawat darurat? dr Uyik menyebut, terdapat 3 klasifikasi yang perlu diketahui, yakni:

1. Sangat Gawat

2. Gawat

3. Semi Gawat

Berikut penjelasan detail dari 3 klasifikasi ini:

Kategori Sangat Gawat

Kondisi ini adalah, kondisi dimana mata perlu dilakukan tindakan dalam waktu yang cepat. Harus segera dilakukan penanganan, bisa dalam waktu beberapa menit . Bila terlambat ditangani, maka akan terjadi kebutaan.

Beberapa keluhan yang termasuk kaegori sangat gawat ini, seperti: Katarak, Glaukoma, dan lainnya. Keluhan-keluhan ini dapat membuat penderitanya, mengalami kebutaan, bahkan kebutaan permanen bila menderita Glaukoma. Bila menderita Katarak, pasien dapat melihat jelas kembali dengan prosedur atau tindakan operasi Katarak.

Sayangnya, beberapa masyarakat masih kurang peduli dengan kasus-kasus gawat darurat mata. Padahal, dari segi biaya atau tindakan operatif sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan atau ausransi kesehatan lain. Sedangkan untuk layanan umum, biaya operasi Katarak ini terjangkau, termasuk biaya operasi untuk keluhan mata lain.

Jadi, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata dengan segera. Sebab, penanganan yang cepat & tepat, dapat membuat kualitas hidup lebih baik.

Baca Juga: Mengenal Katarak Juvenil Yang Menghantui Remaja

Kategori Gawat

Sedangkan dalam kondisi ini, mata harus segera ditangani dalam hitungan waktu beberapa jam. Karena itu, butuh waktu cepat menyadari masalah ini dan sesegera mungkin melakukan tindakan atau mendatangi fasilitas kesehatan yang tepat.

Kategori Semi Gawat

Untuk kondisi ini, masa tindakan pada mata bisa menunggu sampai beberapa hari atau minggu. Meski demikian, penanganan tercepat adalah yang terbaik. Anda, harus mengetahui terlebih dahulu bahwa ada kondisi mata yang butuh tindakan cepat dan kondisinya termasuk gawat darurat.

Gawat Darurat Mata - Mata Merah
Mata Merah merupakan salah satu indikasi yang perlu dicurigai sebagai penyakit mat ayang termasuk gawat darurat.

Baca Juga: Perawatan Setelah Operasi Katarak

Penanganan

Hal yang perlu menjadi perhatian Anda adalah, jangan coba-coba mengobati keluhan mata dengan obat-obat herbal atau pengobatan yang tanpa saran atau resep daro dokter mata. Keluhan yang termasuk gawat darurat mata ini, harus benar-benar ditangani dengan baik dan segera.

Jangan menunda periksa ya!!

Tonton juga video terkait tentang info dan update terkini tentang Katarak

https://www.youtube.com/watch?v=sqV7qudrqXU
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular