HomeBerita KatarakOperasi Katarak Aman Dibanding Berbagai Tindakan Lainnya

Operasi Katarak Aman Dibanding Berbagai Tindakan Lainnya

Operasi Katarak aman dibandingkan dengan tindakan lain, seperti tindakan pemijatan mata, obat herbal, hingga konsumsi makanan dan minuman herbal yang belum teruji klinis hingga saat ini. Operasi katarak dilakukan oleh dokter mata (ophthalmologist) secara rawat jalan, yang berarti Anda tidak harus tinggal di rumah sakit setelah operasi. Operasi katarak sangat umum dan umumnya merupakan prosedur yang aman.

Memastikan Operasi Katarak Aman

Operasi katarak adalah prosedur untuk mengeluarkan lensa keruh dari mata Kita dan menggantinya dengan lensa buatan yang lebih jernih. Katarak menyebabkan lensa menjadi keruh, yang pada akhirnya memengaruhi penglihatan Kita. Sama halnya dengan tindakan lain seperti operasi retina, operasi Lasik, Operasi katarak aman bila dilakukan oleh dokter mata (ophthalmologist) secara rawat jalan, yang berarti kita tidak harus tinggal di rumah sakit setelah operasi. Operasi katarak aman karena sangat umum dan umumnya merupakan prosedur yang aman.

Operasi katarak aman ini dilakukan untuk mengobati katarak. Katarak dapat menyebabkan penglihatan kabur dan meningkatkan silau dari lampu. Jika katarak membuat Kita sulit melakukan aktivitas normal, dokter mungkin menyarankan operasi katarak aman dibandingkan lainnya.

 Operasi Katarak Aman

Ketika katarak mengganggu pengobatan masalah mata lainnya, operasi katarak mungkin disarankan. Misalnya, dokter dapat merekomendasikan operasi katarak jika katarak menyulitkan dokter mata. Dalam kebanyakan kasus, menunggu untuk menjalani operasi katarak aman tidak akan membahayakan mata Kita, jadi Kita punya waktu untuk mempertimbangkan pilihan Kita. Jika penglihatan Kita masih cukup baik, Kita mungkin tidak memerlukan operasi katarak selama bertahun-tahun, jika pernah.

Saat mempertimbangkan operasi katarak, ingatlah pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Dapatkah Kita melihat untuk melakukan pekerjaan Kita dengan aman dan mengemudi?
  2. Apakah Kita memiliki masalah membaca atau menonton televisi?
  3. Apakah sulit untuk memasak, berbelanja, mengerjakan pekerjaan pekarangan, menaiki tangga atau minum obat?
  4. Apakah masalah penglihatan memengaruhi tingkat kemandirian Kita?
  5. Apakah cahaya terang membuatnya lebih sulit dilihat?

Baca juga:
Perawatan Pasca Operasi Katarak

Risiko Operasi Katarak

Komplikasi setelah operasi katarak jarang terjadi, karena itu disebut sebagai operasi katarak aman dan sebagian besar dapat diobati dengan sukses.

Operasi katarak aman, namun memiliki beberapa Risiko yang tidak terlalu menyakitkan meliputi:

  1. Peradangan
  2. Infeksi
  3. Berdarah
  4. Pembengkakan
  5. Kelopak mata terkulai
  6. Dislokasi lensa buatan
  7. Ablasi retina
  8. Glaukoma
  9. katarak sekunder
  10. Kehilangan penglihatan

Risiko komplikasi Kita lebih besar jika Kita memiliki penyakit mata lain atau kondisi medis yang serius. Kadang-kadang, operasi katarak gagal memperbaiki penglihatan karena kerusakan mata yang mendasari dari kondisi lain, seperti glaukoma atau degenerasi makula. 

Persiapan Operasi Katarak

  1. Makanan dan obat-obatan

Kita mungkin diminta untuk tidak makan atau minum apapun 12 jam sebelum operasi katarak aman ini. Dokter Kita mungkin juga menyarankan Kita untuk sementara berhenti minum obat apa pun yang dapat meningkatkan risiko pendarahan selama prosedur berlangsung. Beri tahu dokter Kita jika Kita mengonsumsi obat apa pun untuk masalah prostat, karena beberapa obat ini dapat mengganggu operasi katarak.

  1. Obat tetes mata antibiotik dapat diresepkan untuk digunakan satu atau dua hari sebelum operasi.

Tindakan pencegahan lainnya

Biasanya Kita bisa pulang pada hari yang sama dengan operasi katarak aman ini, tetapi Kita tidak akan bisa mengemudi, jadi aturlah tumpangan pulang. Juga atur bantuan di sekitar rumah, jika perlu, karena dokter mata Kita mungkin membatasi aktivitas, seperti membungkuk dan mengangkat, sekitar seminggu setelah operasi Kita.

Apa yang dapat Kita harapkan

  • Sebelum prosedur

Seminggu atau lebih sebelum operasi Kita, dokter Kita melakukan tes ultrasound tanpa rasa sakit untuk mengukur ukuran dan bentuk mata. Hampir semua orang yang menjalani operasi katarak akan diberikan IOL. Lensa ini meningkatkan penglihatan Kita dengan memfokuskan cahaya di bagian belakang mata Kita. Kita tidak akan dapat melihat atau merasakan lensa. Tidak memerlukan perawatan dan menjadi bagian permanen dari mata Kita.

Dokter bedah melipat lensa jenis ini dan memasukkannya ke dalam kapsul kosong tempat lensa alami dulu berada. Begitu berada di dalam mata, IOL yang terlipat terbuka, mengisi kapsul yang kosong.

Beberapa jenis lensa yang tersedia antara lain:

  1. Monofokal fokus tetap. Jenis lensa ini memiliki kekuatan fokus tunggal untuk penglihatan jarak jauh. Membaca umumnya akan membutuhkan penggunaan kacamata baca.
  2. Monofokal akomodatif-fokus. Meskipun lensa ini hanya memiliki kekuatan pemfokusan tunggal, namun dapat merespons gerakan otot mata dan mengalihkan fokus ke objek dekat atau jauh.
  3. Multifokal. Lensa ini mirip dengan kacamata dengan lensa bifokal atau progresif. Area lensa yang berbeda memiliki kekuatan pemfokusan yang berbeda, memungkinkan penglihatan dekat, sedang, dan jauh.
  4. Koreksi astigmatisme (torik). Jika Kita memiliki astigmatisme yang signifikan, lensa toric dapat membantu memperbaiki penglihatan Kita.
  5. Diskusikan manfaat dan risiko berbagai jenis IOL dengan ahli bedah mata Kita untuk menentukan yang terbaik untuk Kita.

Prosedur Operasi Katarak Aman

Dua langkah dalam operasi katarak

  1. Operasi katarak Buka kotak dialog pop-up
  2. Operasi katarak, biasanya merupakan prosedur rawat jalan, membutuhkan waktu satu jam atau kurang untuk dilakukan.

Pertama, dokter Kita akan menempatkan obat tetes mata di mata Kita untuk melebarkan pupil Kita. Kita akan menerima anestesi lokal untuk membuat area tersebut mati rasa, dan Kita mungkin diberikan obat penenang untuk membantu Kita rileks. Jika Kita diberi obat penenang, Kita mungkin tetap terjaga, tetapi pusing, selama operasi. Selama operasi katarak, lensa keruh diangkat, dan lensa buatan bening biasanya ditanamkan. Namun, dalam beberapa kasus, katarak dapat diangkat tanpa menanamkan lensa buatan.

 Operasi Katarak Aman

Metode bedah yang digunakan untuk menghilangkan katarak meliputi:

Menggunakan probe ultrasound untuk memecah lensa untuk dilepas. Selama prosedur yang disebut fakoemulsifikasi, dokter bedah Kita membuat sayatan kecil di bagian depan mata Kita (kornea) dan memasukkan probe setipis jarum ke dalam substansi lensa tempat katarak telah terbentuk.

Dokter bedah Kita kemudian menggunakan probe, yang mentransmisikan gelombang ultrasound, untuk memecah (mengemulsi) katarak dan menyedot fragmennya. Bagian paling belakang lensa Kita (kapsul lensa) dibiarkan utuh untuk dijadikan tempat istirahat lensa buatan. Jahitan dapat digunakan untuk menutup sayatan kecil di kornea Kita setelah prosedur selesai.

Prosedur Setelah Operasi Katarak

Setelah operasi katarak, harap penglihatan Kita mulai membaik dalam beberapa hari. Penglihatan Kita mungkin kabur pada awalnya saat mata Kita sembuh dan menyesuaikan diri. Warna mungkin tampak lebih cerah setelah operasi Kita karena Kita melihat melalui lensa baru yang bening. Katarak biasanya berwarna kuning atau coklat sebelum operasi, mematikan tampilan warna. Kita biasanya akan menemui dokter mata Kita satu atau dua hari setelah operasi, minggu berikutnya, dan kemudian lagi setelah sekitar satu bulan untuk memantau penyembuhan. Rasa gatal dan ketidaknyamanan ringan selama beberapa hari setelah operasi adalah hal yang normal. Hindari menggosok atau menekan mata Kita. Dokter Kita mungkin meminta Kita untuk memakai penutup mata atau pelindung pada hari operasi. 

Dokter Kita mungkin juga merekomendasikan untuk memakai penutup mata selama beberapa hari setelah operasi dan perisai pelindung saat Kita tidur selama masa pemulihan. Dokter Kita mungkin meresepkan obat tetes mata atau obat lain untuk mencegah infeksi, mengurangi peradangan dan mengontrol tekanan mata. Terkadang, obat ini bisa disuntikkan ke mata pada saat operasi. Seringkali, penyembuhan total terjadi dalam waktu delapan minggu. Operasi katarak berhasil memulihkan penglihatan pada sebagian besar orang yang menjalani prosedur ini.

Orang yang pernah menjalani operasi katarak dapat mengembangkan katarak sekunder). Ini terjadi ketika bagian belakang kapsul lensa bagian dari lensa yang tidak diangkat selama operasi dan yang sekarang menopang implan lensa  menjadi keruh dan mengganggu penglihatan Kita.

Silakan Saksikan Video Lain Tentang Kesehatan Mata: 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular