HomeInformasi11 Perawatan Setelah Operasi Katarak

11 Perawatan Setelah Operasi Katarak

Sebagaimana yang kita tahu bahwa Katarak hanya dapat disembuhkan dengan melakukan operasi katarak. Operasi Katarak merupakan tindakan mengganti lensa mata yang keruh dengan lensa mata buatan (IOLs) guna meningkatkan kemampuan penglihatan. Terkadang banyak orang hanya berfokus pada bagaimana persiapan operasinya. Padahal setelah operasi ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai perawatan setelah operasi katarak. 


Optimalnya hasil operasi sangatlah bergantung dengan perawatan yang dilakukan setelah operasi. Jadi apa saja perawatan yang perlu dilakukan setelah operasi katarak? Simak infonya disini!

Perawatan Setelah Operasi Katarak

kontrol rutin setelah operasi katarak

Perawatan setelah operasi katarak sangatlah penting untuk dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti lensa mata yang bergeser, peradangan pada kornea, infeksi, ablasi retina dan lain sebagainya. Kondisi ini dapat terjadi karena mata pasien belum pulih sepenuhnya. Selain itu perawatan setelah operasi katarak juga dilakukan guna mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga:

Terdapat beberapa perawatan setelah operasi katarak yang perlu dilakukan agar pemulihan berlangsung dengan baik yaitu:

  1. Tidak memegang mata dengan tangan yang kotor
  2. Tidak mengangkat atau melakukan aktivitas berat
  3. Tidak mengejan
  4. Tidak meniup
  5. Tidak membungkuk berlebihan untuk menghindari tekanan ekstra pada mata
  6. Mata tidak boleh terkena air untuk mencegah resiko
  7. Tidak mengusap dan mengucek mata
  8. Menjaga kebersihan mata tanpa terkena air
  9. Menggunakan pelindung mata untuk mencegah iritasi
  10. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menghindari BAB yang keras
  11. Tidur dengan posisi terlentang dan posisi kepala lebih tinggi

Perawatan ini perlu dilakukan hingga pasien dinyatakan pulih oleh dokter spesialis mata. Seperti Lasik umumnya pasien akan dijadwalkan untuk kontrol 3 kali setelah operasi katarak yaitu sehari setelah operasi, seminggu dan satu bulan setelah operasi. Melakukan kontrol rutin juga bagian dari perawatan yang perlu dilakukan setelah operasi katarak. Jadi jangan sampai lalai ya!

menggunakan kacamata sebagai pelindung mata pasca operasi katarak

Baca juga:

Setelah operasi katarak anda boleh melakukan aktivitas normal, namun jangan lupa untuk memperbanyak istirahat. Jika anda masih merasa penglihatannya sedikit buram dan silau, jangan khawatir. Kondisi ini terjadi karena sistem penglihatan masih membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan lensa IOLs yang ditanam sebagai pengganti lensa alami. Namun bila ada keluhan lain seperti mata bengkak, merah, dan lainnya anda bisa menemui dokter mata atau klinik mata untuk segera mendapatkan penanganan. 

Tonton juga video terkait info dan update terkini tentang Katarak:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular