HomeInformasi5 Persiapan Operasi Katarak Pada Penderita Diabetes

5 Persiapan Operasi Katarak Pada Penderita Diabetes

Penderita diabetes melitus yang sekaligus menderita katarak, memiliki perlakuan yang cukup istimewa. Karena operasi Katarak pada penderita Diabetes memiliki persiapan yang berbeda. Setidaknya, ada 5 persiapan yang harus benar-benar diperhatikan.

Penderita Diabetes Melitus ini memangmemiliki berbagai risiko komplikasi kesehatan, diantaranya pada mata. Komplikasi paling umum dan berisiko besa terjadi pada mata adalah Retinopati Diabetik. Karena itu, ketika penderita diabetes yang juga mengalami Retinopati Diabetik, ditambah Katarak, akan melalui prosedur yang berbeda ketika harus mendapatkan penanganan operasi katarak.

Operasi Mata Pada Penderita Diabetes

Penderita Katarak yang juga menderita Diabetes Melitus ini merupakan pasien yang spesial. Sebab, penderita Katarak ini memerlukan pengobatan lebih sulit. Karena itu, penderita Katarak dengan Diabetes Militus harus melalui pemeriksaan yang intens dengan dokter spesialis mata. Penderita Katarak sekaligus Diabetes,  harus waspada dalam memilih teknik operasi yang tepat.

Namun jangan khawatir! Dokter Spesialis Mata akan memilih teknik operasi terbaik untuk hasil yang terbaik. Mengapa harus teliti dalam menentukan teknik operasi Katarak bagi penderita Diabetes?  Sebab penderita Katarak dengan bawaan penyakit Diabetes, dinilai memiliki risiko besar ketika dilakukannya operasi. Karena jika penanganan tidak tepat, maka dapat membuat keadaan Retinopati Diabetik semakin parah.

Operasi Katarak Pada Penderita Diabetes

Persiapan Operasi Katarak Pada Penderita Diabetes

Selain harus memilih dokter spesialis mata yang tepat, operasi Katarak pada penderita Diabetes membutuhkan persiapan yang lebih. Calon pasien harus mempersiapkan secara pribadi, agar operasi Katarak berjalan lancar.

Inilah 5 persiapan operasi Katarak pada penderita Diabetes yang harus diperhatikan:

  1. Menurunkan kadar gula sebelum operasi Katarak dilangsungkan
    Mengapa demikian? Sebab operasi Katarak hanya dapat dilakukan apabila kadar gula darah terkontrol dengan baik. Hal ini bertujuan mengurangi risiko pasca operasi. Pasien harus benar-benar memperhatikan kadar gula & kolesterol!
  2. Pola hidup sehat
    Sebelum melakukan operasi Katarak, maka penderita Diabetes harus bersiap diri dengan menerapkan pola hidup sehat. Yakni, melalui proses diet, olahraga, hingga mengatur pola makan.

Baca Juga:
Pasca Operasi Katarak? Perhatikan 6 Hal Perawatan Ini

Fakta Lensa Pengganti Katarak Yang Jarang Diketahui

11 Makanan Pencegah Katarak Ini Patut Kamu Coba!

Waspada! Katarak adalah Penyebab Kebutaan Nomor 1 di Indonesia

  1. Konsisten mengonsumsi obat
    Obat yang dimaksud ini adalah mengonsumsi obat-obatan diabet yang disarankan dokter secara teratur.
  2. Periksa mata secara rutin
    Selain itu, penderita juga disarankan memeriksakan matanya secara rutin. Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi mata sudah dalam keadaan yang terbaik dan bisa dilakukan proses operasi Katarak.
  3. Bisa menggunakan teknik operasi Katarak Phacoemulsifikasi
    Operasi Katarak pada penderita Diabetes memang harus dilakukan dengan teknik khusus. Operasi Katarak dengan teknik Phacoemulsification ini terbilang yang paling mudah. Sebab, operasi Katarak tanpa jahit ini bisa digunakan oleh semua jenis Katarak. Kuncinya, ada di kondisi tubuh pasien yang harus memiliki kadar gula normal.

Itulah 5 persiapan yang harus dilakukan sebelum dilangsungkannya operasi Katarak pada penderita Diabetes. Prinsip pencegahan lebih baik daripada mengobati menjadi gaya hidup terutama pada penyakit kelompok risiko tinggi seperti diabetes.

Apabila sudah terkena diabetes melitus, disarankan melakukan pemeriksaan awal ke dokter mata agar dapat diketahui kelainan sejak dini sebelum terjadi komplikasi yang lanjut.

Biaya Operasi Katarak Pada Penderita Diabetes

Penderita Diabetes Melitus yang mengalami Katarak, memang butuh penanganan operasi Katarak dengan cepat dan tepat. Bagaimana soal biaya? Pada dasarnya, biaya yang harus dilakukan untuk operasi mata atau operasi Katarak pada pasien diabetes ini sama saja.

Bahkan, untuk layanan umum sendiri sudah banyak fasilitas kesehatan yang memberikan atau menawarkan biaya operasi katarak murah. Berdasar pantauan dari Pusat Katarak, beberapa Fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan operasi Katarak, dimulai dari Rp. rP. 5 Juta s.d Rp. 8 Juta.

Meskipun operasi katarak pada penderita diabetes ini ditanggung atau dijamin oleh BPJS Kesehatan, akan tetapi banyak pula masyarakat yang memilih layanan umum untuk operasi mata satu ini. Hal ini dipilih atas banyak pertimbangan, diantaranya dari segi fasilitas hingga jenis layanan yang dipilih.

Apapun pilihan Anda, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan dan penanganan operasi Katarak bila memang terindikasi Katarak. Karena seperti yang kita ketahui, Katarak ini merupakan penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan terbesar di Indonesia bahkan dunia.

Tonton juga video terkait tentang info dan update terkini tentang Katarak

https://www.youtube.com/watch?v=sqV7qudrqXU
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular