HomeJenis Katarak3 Jenis Katarak Berdasarkan Penyebabnya

3 Jenis Katarak Berdasarkan Penyebabnya

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi buram. Terdapat berbagai jenis katarak yang didasarkan pada penyebab, usia, dan tingkat kekeruhan lensa. Pusat Katarak kali ini akan mengulas jenis Katarak berdasarkan penyebabnya 

Katarak berkembang secara perlahan sehingga awalnya penderita merasa tidak terganggu. Namun seiring dengan berjalannya waktu Katarak akan mengganggu penglihatan penderita sehingga dia sulit untuk beraktivitas. Jika Katarak tidak segera diobati dapat meningkatkan resiko kebutaan.

Penyebab Katarak

Umumnya Katarak disebabkan oleh proses penuaan atau trauma yang mengakibatkan perubahan pada jaringan mata. Faktor usia sangat berpengaruh pada munculnya Katarak karena seiring bertambahnya usia lensa mata akan semakin tebal dan tidak fleksibel. Akibatnya muncul gumpalan protein yang menyebabkan cahaya sulit masuk ke Retina. Kondisi ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur dan tidak tajam. Perkembangan Katarak dapat diketahui dari perubahan lensa yang berubah menjadi kuning kecoklatan dan semakin memburuk seiring waktu.

Jenis-Jenis Katarak

Katarak umumnya menyerang lansia karena proses penuaan. Namun penyakit ini juga dapat menyerang anak muda bahkan anak-anak dengan sebab tertentu. Berdasarkan penyebabnya terdapat 3 jenis katarak, yaitu: 

1.Katarak Traumatik

Katarak Traumatik merupakan jenis katarak yang disebabkan karena cedera atau trauma

Jenis Katarak ini disebabkan oleh adanya cedera atau luka pada bola mata. Beberapa hal dapat menimbulkan cedera pada mata adalah terpapar suhu panas, terkena bahan kimia dan  serpihan batu, serta lainnya.  Penderita dapat mengalami langsung Katarak setelah terjadi cedera atau beberapa tahun kemudian. 

Katarak Traumatik merupakan salah satu penyebab kebutaan. Ketika penderita mengalami cedera lensa mata akan bergeser atau robek. Selain itu pasien mungkin juga akan mengalami beberapa hal seperti Kornea atau Retina robek, Iris cedera, dan pendarahan vitreous. Kondisi ini  menyebabkan lensa mata mengalami peradangan sehingga menjadi keruh. Bila kondisi ini tidak segera ditangani Katarak Traumatik dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Umumnya Katarak Traumatik hanya terjadi pada satu mata. Kondisi ini menyebabkan penderita kesulitan melihat karena hanya salah satu mata yang dapat melihat dengan jelas.

Baca juga:

2. Katarak Komplikata

Katarak komplikata adalah jenis katarak yang disebabkan karena penyakit lain

Jenis Katarak ini bukan disebabkan oleh proses penuaan, melainkan karena adanya gangguan pada mata atau masalah di bagian tubuh yang lain yang mengakibatkan munculnya Katarak. Katarak Komplikata disebabkan karena infeksi, penyakit kencing manis dan penggunaan steroid yang berkepanjangan. Selain itu jenis Katarak ini juga dapat disebabkan karena riwayat uveitis yang kronis atau berulang. 

Umumnya Katarak Komplikata hanya terjadi pada satu mata. Sehingga penderita sering kali tidak sadar dengan adanya keluhan penyakit ini dan baru memeriksakan kondisinya ke dokter mata saat sudah parah.

Baca juga:

3. Pseudoexfoliation

Pseudoexfoliation adalah jenis katarak yang disebbakan karena glaukoma

Jenis Katarak yang disertai dengan kelainan lain seperti Glaukoma dan lensa goyah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jenis katarak ini dapat disebabkan oleh faktor usia dan penyakit lain.

Jika Anda mengalami salah satu jenis Katarak, segera periksakan ke dokter mata atau klinik mata agar dapat diberikan penanganan yang baik.

Pengobatan Katarak

Katarak hanya dapat disembuhkan dengan melakukan operasi katarak. Operasi katarak merupakan prosedur bedah yang dilakukan untuk mengganti lensa yang keruh dengan lensa buatan. Sama seperti prosedur Lasik, sebelum melakukan operasi Katarak pasien akan dites terlebih dahulu. Perbedaanya adalah jika untuk Lasik pasien akan dites untuk mengetahui kondisi Kornea, sedangkan sebelum operasi Katarak pasien akan dites untuk menetukan jenis dan ukuran lensa yang akan ditanam.

Jika anda khawatir untuk melakukan operasi katarak, anda dapat menemui dokter mata atau mengunjungi klinik mata untuk melakukan konsultasi terkait pengobatan ini. Dengan teknologi yang telah berkembang, saat ini operasi Katarak merupakan prosedur yang aman dan jarang menimbulkan komplikasi setelahnya.

Tonton juga info & tips kesehatan mata lainnya:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular