HomeUncategorized9 Cara Pencegahan Katarak 

9 Cara Pencegahan Katarak 

Katarak adalah kondisi keruh pada lensa mata yang berakibat pada penurunan kemampuan penglihatan secara tajam. Meskipun Katarak merupakan penyakit yang disebabkan oleh penuaan, namun ada cara pencegahan Katarak yang bisa kita lakukan dengan mudah. Kali ini, PusatKatarak akan memberikan informasi tentang pencegahan Katarak yang bisa kita lakukan.

Penyebab Katarak

Seperti yang diketahui, bahwasanya lensa mata yang keruh (Katarak) ini disebabkan karena menggumpalnya protein pada lensa mata. Akibatnya penglihatan menjadi buram, bahkan jika kondisinya semakin parah akan menimbulkan kebutaan. Agar terhindar dari penyakit ini maka perlu dilakukan upaya pencegahan Katarak agar anda dapat terus hidup dengan penglihatan yang sehat.

Umumnya katarak disebabkan karena faktor penuaan ataupun pernah mengalami cedera yang berdampak pada jaringan lensa mata.  Penderitanya akan mengalami gejala seperti sensitif terhadap cahaya dan penglihatan menjadi kabur. Untuk mengobati katarak anda bisa melakukan operasi katarak. Seperti lasik, operasi katarak ini akan memperbaiki penglihatan anda yang awalnya buram menjadi lebih jelas. Bedanya, Lasik diperuntukkan penderita Kelainan refraksi (mata minus, silinder, dan rabun dekat), sedang operasi Katarak bisa membuat penderita Katarak melihat lebih jelas dna terbebas dari Katarak.

Baca juga:

Pencegahan Katarak

Hingga kini belum ada pengobatan untuk mencegah atau memperlambat proses perkembangan Katarak. Namun anda bisa melakukan beberapa langkah ini agar terhindar dari penyakit Katarak:

periksa mata rutin adalah salah satu cara efektif untuk pencegahan katarak
  1. 1. Melakukan pemeriksaan mata secara rutin

Pencegahan katarak yang paling mudah dilakukan adalah minimal 2 tahun sekali anda bisa memeriksakan mata ke klinik mata. Bagi pengguna kacamata sebaiknya juga rutin memeriksakan kondisi minus matanya 6 bulan sekali. 

Sebisa mungkin jangan sampai menunggu adanya keluhan pada mata untuk menemui dokter mata. Harapannya dengan melakukan pemeriksaan mata yang rutin, jika ada kondisi gawat akan dapat terdeteksi lebih cepat. Selain itu dengan melakukan pemeriksaan rutin akan memudahkan penanganan dibandingkan saat kondisi gangguan mata telah parah.

2. Memberikan perlindungan mata dari paparan sinar Ultraviolet (UV)

Sinar UV dapat merusak protein pada lensa mata dan meningkatkan risiko katarak. Untuk mencegah hal ini anda bisa melindungi mata anda dengan menggunakan kacamata hitam yang memiliki proteksi 100 persen dari sinar UVA dan UVB. Selain itu anda juga dapat menggunakan topi yang lebar atau mengurangi aktivitas di luar ruangan untuk mengurangi terkenanya paparan sinar matahari yang masuk ke mata.

3. Menjaga kesehatan tubuh

Katarak dapat dipicu oleh beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi. Dengan menjaga kesehatan tubuh anda bisa mencegah segala penyakit termasuk katarak.

menjaga kesehatan dapat menjadi salah satu cara pencegahan katarak

4. Selalu mengonsumsi makanan bergizi

Terdapat beberapa nutrisi yang dapat mengurangi risiko katarak. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A dan vitamin E, asam lemak omega 3 anda dapat mengurangi risiko katarak.

Baca juga:

5. Menjaga berat badan

Jika anda anda memiliki berat badan berlebihan (obesitas) maka anda memiliki risiko katarak. Untuk mencegahnya anda dapat menjaga berat badan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, selalu makan dengan porsi cukup, serta rutin berolahraga.

6. Mengurangi beban kerja mata

Pencahayaan yang cukup untuk melihat dan membaca, menggunakan kaca pembesar untuk membaca tulisan kecil

7. Melindungi mata dari cidera

Salah satu faktor risiko katarak adalah mata yang pernah mengalami cedera atau operasi. Kondisi ini dikenal sebagai katarak traumatik. Oleh karena diharapkan anda untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas ataupun memilih produk yang aman untuk mata.

8. Mengurangi konsumsi minuman alkohol

Penelitian menyatakan bahwa konsumsi minuman alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena katarak. Oleh karena itu anda perlu membatasi atau mengurangi konsumsi alkohol melebihi takaran standar harian.

9. Mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko katarak. Kondisi ini dipicu oleh banyaknya radikal bebas di sekitar mata yang disebabkan dari asap rokok. Kandungan radikal bebas dalam rokok mengakibatkan perubahan molekul protein pada lensa mata dan memicu timbulnya katarak. Maka sebaiknya jika anda memiliki kebiasaan merokok, anda perlu mengurangi atau menghentikannya.

Katarak berkembang seiring waktu. Umumnya di awal penderita tidak menyadari adanya keluhan. Jika terdapat keluhan pada mata anda, segera periksakan ke klinik mata atau dokter mata. Pencegahan katarak sedini mungkin akan menghindarkan anda dari resiko kebutaan.

Tonton juga info & tips kesehatan mata lainnya:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments