HomeTeknik OperasiMengenal 3 Jenis Teknik Operasi Katarak

Mengenal 3 Jenis Teknik Operasi Katarak

Kenali 3 jenis teknik operasi katarak yang dapat membantu penderita terbebas dari katarak. Manakah yang lebih unggul? setiap teknik memiliki keunggulan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasien berdasar persetujuan dokter mata.

Bila keluarga, kerabat, atau rekan Anda adalah penderita Katarak, maka ada hal penting yang harus diketahui.  Yakni, jenis-jenis teknik operasi katarak. Sebab, operasi Katarak ini merupakan satu-satunya cara atau solusi untuk menyembuhkan Katarak.

Meski pemilihan jenis teknik operasi Katarak ini akan disesuaikan berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter mata. Akan lebih baik bila Anda juga mengenal jenis-jenis operasi katarak, untuk bisa memilih mana yang terbaik.

Pasien berhak memilih jenis teknik operasi Katarak yang digunakan, bila jenis Katarak yang diderita ini bisa dilakukan tindakan atau bedah operasi Katarak dengan berbagai teknik. Selain itu, kondisi kesehatan mata dan tubuh yang mendukung berbagai teknik operasi Katarak.

Baca Juga: 3 Hal Ini Mempengaruhi Harga Operasi Katarak

Perlu diketahui, operasi Katarak ini merupakan tindakan bedah yang relatif aman. Anda dapat memastikan klinik mata atua RS Mata yang menyediakan operasi Katarak adalah lembaga kesehatan yang profesional. Termasuk dokter spesialis mata dan perawat mata yang akan menangani Anda atau keluarga saat Operasi Katarak.

teknik operasi katarak

Jenis Teknik Operasi Katarak

Terdapat beberapa teknik operasi katarak yang memiliki masing-masing kesulitan dan keunggulan berbeda-beda. Teknik operasi katarak tersebut, diantaranya:

1. ECCE (Extra Capsular Cataract Extraction

ECCE ini merupakan teknik operasi katarak konvensional, dimana lensa dikeluarkan melalui sayatan selebar 8-10mm. Teknik operasi ini membutuhkan waktu penyembuhan dan pemulihan yang  lebih lama.

2. SICS (Small Incision Cataract Surgery)

Teknik operasi ini menggunakan jahitan dengan sayatan 6 – 10 mm. Proses operasinya membutuhkan waktu 15-30 menit.  

3. Phacoemulsification

Operasi dengan teknik phacoemulsification ini merupakan operasi tanpa jahitan, dimana pasien bisa pulih dan sembuh lebih cepat. Proses operasi  Phacoemusification ini juga terbilang lebih  cepat, dengan menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit. Teknik operasi ini mampu mengurangi rasa nyeri, ngeres atau ketidaknyamanan setelah operasi. Pasca operasi dengan teknik ini, bahkan pasien bisa Langsung pulang dengan waktu penyembuhan kurang lebih 2 minggu hingga 1 bul

Baca Juga: Mengenal Katarak Jevenil Yang Mengincar Remaja

Setidaknya, Anda harus tahu tentang Teknik operasi katarak yang dijalani. Semoga sehat sellau dan mendapatkan operasi Katarak terbaik agar terbebas dari Kebutaan akibat Katarak.

Tonton juga video terkait info dan update terkini tentang Katarak:

https://www.youtube.com/watch?v=q3CE2cEp7m8

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular