HomeBerita KatarakBerapa Lama Mata Tidak Boleh Kena Air setelah Operasi Katarak ?

Berapa Lama Mata Tidak Boleh Kena Air setelah Operasi Katarak ?

Operasi katarak merupakan prosedur medis yang sudah aman. Meskipun sudah mendapatkan edukasi tentang perawatan pasca operasi katarak, namun beberapa orang masih bertanya tanya berapa lama mata tidak boleh kena air setelah operasi katarak?

Mengenal Fungsi Lensa Mata

Lensa mata pada manusia berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata agar tidak jatuh pas di retina. Kemampuan dalam menangkal segala kemungkinan kerusakan pada mata sangat penting. Tidak heran lensa harus terus bekerja secara maksimal.

Ketika lensa mata mengalami kekeruhan, maka seseorang akan menderita penyakit seperti katarak, pandangan dapat jadi kabur, bahkan buram. Lensa mata punya peran penting dalam mengontrol dan memfilter masuknya jumlah cahaya. Melakukan penyaringan sinar cahaya yang masuk jadi tugas vital.

Baca Juga:

Faktor Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

5 Persiapan Operasi Katarak Pada Penderita Diabetes

5 Tahap Pemeriksaan Katarak Ini Harus Dilakukan Dokter

Operasi katarak punya sistem kerja untuk mengeluarkan lensa yang dokter anggap sudah keruh ini lewat sebuah sayatan kecil di area bola mata. Aktivitas ini akan membuat seorang dokter mampu menggantikan lensa buatan ke dalamnya yang lebih jernih.

Hal Penting Perlu Diketahui Usai Operasi Katarak

Seperti penjelasan di atas operasi katarak merupakan prosedur kesehatan yang aman, namun apabila seorang pasien baru saja selesai melakukannya ada beberapa hal perlu Anda perhatikan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut berikut penjelasannya :

1. Kondisi Mata Setelah Operasi

Seseorang yang baru saja selesai melakukan operasi katarak umumnya akan merasa mata berpasir, kurang nyaman, dan nampak kemerah merahan dalam beberapa hari. Kondisi ini sebenarnya normal normal saja dan tidak perlu Anda khawatirkan hanya saja tidak boleh kena air setelah operasi katarak.

Umumnya tanda tersebut akan memudar dan penglihatan pasien kembali jernih kurang lebih sekitar 6-8 minggu. Dalam masa penyembuhan ini pasien harus benar benar memperhatikan semua aktivitas secara baik. Jangan sampai melakukan hal hal yang dapat merugikan kondisi badan salah satunya seperti mata tidak boleh kena air setelah operasi katarak.

2. Penggunaan Obat Tetes Mata

Setelah melakukan aktivitas operasi katarak ini biasanya pasien akan menerima sebuah obat tetes mata yang dokter resepkan. Umumnya dokter akan menyarankan penggunaan obat ini kepada pasien. Sebelum menggunakannya pastikan tangan sudah bersih.

Untuk menggunakannya biasannya terdapat dongakkan kepala, tarik perlahan kelopak mata bagian bawah mulailah meneteskannya ke dalam mata, tutup dan buka secara perlahan kemudian bersihkan secara sempurna agar tidak terkontaminasi berbagai hal salah satunya tidak boleh kena air setelah operasi katarak.

3. Pembersihan Tubuh

Baca Juga:

Operasi katarak merupakan kegiatan medis cukup krusial, sangat wajar bila seseorang setelah menjalankannya merasa sedikit khawatir. Mandi dan keramas lah seperti biasa, umumnya dokter akan memberikan sebuah pelindung mata agar tidak boleh kena air setelah operasi katarak ataupun sabun.

Bersihkan mata 2 kali sehari selama 2 minggu, kegiatan ini bertujuan untuk memproses penyembuhan dan penggunaan obat tetes dalam berjalan secara baik. Penggunaan obat tetes dapat membuat seluruh area sekitar bisa tercukupi. 

Berapa Lama Mata Tidak Boleh Kena Air setelah Operasi Katarak ?

Sebenarnya, berapa lama mata tidak boleh kena air setelah operasi katarak adalah sekitar 2 minggu sampai dengan 1 bulan. Selama durasi itu usakan agar mata tidak boleh kena air setelah operasi katarak dan selalu konsultasikan terhadap dokter mata. Berikut beberapa hal lainya yang harus Anda hindari

Baca Juga:

Mengenal Ciri-Ciri Mata Katarak Pada Seseorang

Ketahuilah Dengan Benar Manfaat Bawang Putih Untuk Mata Katarak

11 Perawatan Setelah Operasi Katarak

1. Jangan Kucek Mata

Aktivitas mengucek mata ini dapat memberikan tekanan secara berlebihan kepada mata. Kegiatan ini dapat merusakan dan membuat mata mengalami iritasi dan goresan. Tentu saja hal ini bisa mengganggu proses pemulihan mata maka dari itu tidak boleh kena air setelah operasi katarak.

Hampir semua orang pastinya pernah melakukan kegiatan ini baik si penderita katarak maupun anak muda. Khusus untuk orang yang baru saja melakukan operasi jangan sampai mengecek mata ini dan mengakibatkan hal fatal lainnya. Hal sering sekali dokter mata ingatkan pada umumnya.

2. Jangan Olahraga Berat

Olahraga memang memiliki manfaat besar untuk memberikan kesehatan pada tubuh, namun tidak untuk orang yang baru selesai operasi. Keadaan tubuh pasien yang baru menghadapi operasi katarak umumnya sangatlah lemah.

Untuk lebih jelasnya mengingat olahraga penting dalam menjaga kebugaran, tanyakan kepada dokter secara detail tentang beberapa gerakan atau aktivitas olahraga ringan saja. Pastikan sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter dengan baik.

3. Jangan Mengangkat Benda Berat

Pasien yang baru saja melakukan aktivitas operasi kondisi tubuhnya lemah, maka dari itu jangan sampai mengakat benda berat seperti galon atau lainnya. Jagalah pasien secara benar dan tertib sebagai keluarga atau kolegannya.

Dalam menjaga dan merawat seseorang terkena katarak perlu kerja keras dan semangat tinggi. Hal ini juga perlu Anda lakukan apabila pasien tersebut telah berhasil menjalani operasi. Jangan sampai pasien melakukan hal hal berat seperti ini.

4. Jangan Menggunakan Make-up dulu

Memakai makeup untuk semenatara jauhkan dulu khusus untuk pasien katarak setelah operasi. Memang make up merupakan aktivitas wajib terutama untuk kaum hawa, akan tetapi demi kesembuhan maksimal usahakan untuk tidak menggunakannya terlebih dahulu.

Umumnya pasien yang baru selesai melakukan operasi katarak harus menunggu kurang lebih selama 4 minggu sampai pemulihan benar benar selesai. Selama durasi tersebut pastikan untuk tidak melakukan atau menggunakan make up terlebih dahulu.

Inilah Proses Pemulihan setelah Operasi Katarak

Operasi katarak maupun lasik memang sudah menjadi salah satu praktek tenaga kesehatan. Tidak heran bila Anda akan menemukan banyak sekali aktivitas ini di rumah sakit. Berikut adalah proses pemulihan operasi katarak pada pasien.

1. Waktu Penyesuaian

Terdapat beberapa orang yang mungkin masih memiliki penglihatan buram padahal baru saja selesai operasi. Kondisi seperti ini sebenarnya terjadi akibat mata Anda sedang melakukan adaptasi dengan lensa intraokuler atau tanamannya.

Aktivitas adaptasi mata terhadap alat ini membuat beberapa orang terkadang masih sangat sulit melihat objek. Akan tetapi lama kelaman prosesnya akan membaik dan pasien dalam melihat secara jelas dan bersih menggunakan lensa tanam tadi.

2. Mata Memerah

Setelah melakukan adaptasi, mata beberapa orang mungkin akan menjadi merah lantaran adanya sebuah peradangan akibat operasi katarak. Ketika mata mulai memulihkan diri, maka secara otomatis tanda ini akan menghilang juga dalam beberapa hari.

Tentu saja tidak semua orang mengalami hal sama pada saat pemulihan ini, akan tetapi kebanyakan akan mengalami mata memerah ini. Namun, semua ini tidak perlu Anda khawatirkan karena bukan merupakan tanda berbahaya dan kondisi tersebut tidak boleh kena air setelah operasi katarak.

3. Rasa Gatal

Beberapa pasien juga ada yang merasa atau mengeluh gatal gatal usai operasi katarak. Sebenarnya kondisi ini akan merasa secara otomatis dan hal tersebut juga tidak boleh kena air setelah operasi katarak. Ini merupakan sebuah tanda bila mata sedang melakukan pemulihan mandiri.

Kondisi ini juga yang membuat beberapa dokter biasanya memberikan obat tetes untuk pasiennya setelah mengikuti sesi operasi katarak. Obat ini akan membantu pasien dalam menghindari rasa gatal seperti ini.

Demikian informasi mengenai berapa lama mata tidak boleh kena air setelah operasi katarak ?. Semua orang tentu memiliki peluang mengalami hal ini terutama yang punya pola hidup tidak sehat. Mengetahuinya lebih awal menjadi keputusan terbaik.

Saksikan Pula Video Perawatan Pasca Operasi Katarak Lebih Lengkap Berikut Ini:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular