HomeBerita KatarakMengenal Ciri-Ciri Mata Katarak Pada Seseorang

Mengenal Ciri-Ciri Mata Katarak Pada Seseorang

Usia senja menjadi salah satu indikator kenapa seseorang menderita penyakit mata katarak. Akan tetapi, di dalam beberapa kasus gangguan pengelihatan ini dapat orang alami dari berbagai usia termasuk anak muda. Untuk mengetahuinya Anda harus mengenal dahulu ciri-ciri mata katarak.

Alasan Pentingnya Memahami Ciri-Ciri Mata Katarak Ini

Mengidentifikasi seseorang atau ciri-ciri mata katarak tidak bisa terlihat dari beberapa tanda atau gejala. Untuk mendapatkan penanganan cepat, tentu saja mengetahui kondisi seseorang terkena katarak atau tidak wajib orang lakukan agar penyakit si penderita tidak membesar keman mana.

Katarak merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang pada siapapun dan kapanpun. Ini sudah sering terlihat di mana para remaja mulai mengalami gangguan kesehatan pada mata atau penglihatannya. Keadaan ini cukup mengkhawatirkan beberapa pihak.

Ciri-ciri mata katarak pada seseorang yaitu mengalami atau menjadi penderita katarak biasanya akan cukup merepotkan. Untuk itulah perhatikan dengan baik dan selalu waspada terhadap gejala katarak yang datang. Jangan sampai kondisi sudah parah barus mengetahuinya.

Baca Juga:

5 Tahap Pemeriksaan Katarak Ini Harus Dilakukan Dokter

 Faktor Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

Katarak Komplikata : Katarak yang Disebabkan Penyakit Lain

Mengenal Gejala Penglihatan Katarak

Secara khusus ada sebuah tanda di mana seseorang mengalami atau sedang menderita penyakit katarak, ini semua bisa terlihat dari cara pandangnya. Penglihatan ganda atau dalam bahasa medisnya adalah diplopia merupakan salah satu faktor masalah kesehatan lainnya.

Permasalahan penglihatan ganda kerap kali terjadi dan terbagi kedalam dua jenis yaitu monokuler dan binokuler. Penglihatan ganda monokuler bisa terjadi saat hanya satu mata yang berfungsi. Sementara penglihatan ganda binokuler terjadi kepada kedua bola mata.

Tentu saja permasalahan mata tidak lepas juga dari pola hidup seseorang, kebanyakan orang akan mengalami berbagai permasalahan seperti cedera otak, diabetes, atau tekanan darah tinggi. Mengetahui gejalanya lebih awal dapat menghindarkan seseorang dari operasi katarak.

Inilah Ciri-Ciri Mata Katarak pada Seseorang

Katarak merupakan penyakit yang harus mendapatkan penanganan serius. Salah satu langkah terbaik adalah mengetahui tanda tanda bila orang terkenal masalah kesehatan ini jadi keputusan terbaik. Berikut ciri-ciri mata katarak pada seseorang :

1. Munculnya Halos

Difraksi cahaya terjadi lantaran lensa mata buram, sehingga dapat menyebabkan lingkaran cahaya (halos) terbentuk. Beberapa orang akan melihat sebuah lingkaran seperti cincin ini saat memandang sesuatu seperti objek atau benda tertentu lainnya.

Terkadang bisa muncul dalam berbagai warna, tentu saja kondisi ini mengganggu aktivitas berkendara dan lainnya. Apabila seseorang sudah sangat sulit melihat sumber cahaya dan terhalang oleh halos, ini bisa jadi ciri-ciri mata katarak awal sebuah penyakit mata dan sangat bagus bila langsung berkonsultasi ke dokter.

2. Objek Jauh Tak Terlihat

Melihat objek yang jaraknya cukup jauh penting untuk seseorang menjangkau pandangannya. Apabila seseorang sudah kesulitan dalam melihat sebuah objek jarak jauh seperti ini bukan tidak mungkin dia sedang mengalami ciri-ciri mata katarak. Terkadang orang bisa tidak menyadari hal ini.

Akan tetapi Anda tidak dapat mengambil kesimpulan secepat ini, karena bisa saja ini rabun jauh. Maka dari itu, penting secara rutin melakukan pengecekan rutin ke dokter mata agar bisa mengetahui penyebabnya secara pasti. Aktivitas ini juga mampu memberikan informasi perihal kesehatan mata.

Baca Juga:

5 Persiapan Operasi Katarak Pada Penderita Diabetes

Waspada! Katarak adalah Penyebab Kebutaan Nomor 1 di Indonesia

Tempat Operasi Katarak: 5 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan

3. Sulit Untuk Membaca

Kesulitan dalam membaca juga akan seseorang alami bila sedang mengalami tanda tanda katarak. Hal ini bahkan secara alami sekalipun menggunakan kacamata atau lensa kontak. Tulisan akan terlihat aneh dan sulit membacannya. Beberapa bahkan melihat sebuah tulisan seperti objek lain.

Kacamata dan lensa sebenarnya merupakan alat terbaik dalam membantu seseorang membaca. Akan tetapi bila sedang mengalami permasalahan katarak akan sangat sulit. Apabila mengalami gejala ini pastikan untuk pergi ke dokter yang tepat dan lakukan penanganan awal sebaik mungkin.

4. Kaburnya Penglihatan

Jika seseorang sedang menghadapi masalah katarak akan mengalami ciri-ciri mata katarakseperti mengaburnya pandangan. Kaburnya pandangan akan menurunkan efektifitas pandangan seseorang ketika melihat. Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat seseorang yang kesulitan dalam berjalan dan juga mengenali wajah seseorang. 

Semua ini terjadi akibat penumpukan protein pada lensa mata. Keburaman ini bisa terjadi dan akan selalu orang gunakan sebagai indikator apakah terkena penyakit serius atau tidak. Gejala yang satu ini akan muncul secara perlahan lahan. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan mata.

5. Malam Menjadi Semakin Gelap

Beberapa orang yang sedang mengalami ciri-ciri mata katarak akan kesulitan berjalan di malam hari. Penderita katarak ringan saja akan sangat sulit melakukan perjalanan di malam hari karena pencahayaan pada mata. Ini sangat menyulitkan berbagai banyak orang.

Tidak bisa terelakan bila kemajuan zaman membuat aktivitas di malam hari semakin intens. Hal ini terkadang membuat seseorang harus melakukan perjalanan bisnis keluar kota di malam hari. Apabila sudah kesulitan menggunakan mobil bukan tidak mungkin orang tersebut terjan covid.

6. Lensa dan Kacamata sering berganti

Kacamata atau lensa kontak jadi salah satu benda penting saat ini. Terdapat beberapa orang yang menggantinya karena tuntutan profesi atau ingin bergaya saja. Namun apabila ini terlalu sering seseorang melakukan mungkin saja sedang ada penyakit. 

Beberapa orang yang kerap kali mengganti lensa dan kaca matanya punya kemungkinan mengejutkan di mana akan ada sebuah penglihatan serba kuning. Penderita katarak pun akan sangat sulit membedakan warna. Cara pandang terhadap warna mulai mengalami kesalahan identifikasi.

Mencegah Katarak

Setelah mengetahui betapa mengerikannya penyakit ini mungkin Anda sekarang bisa sadar bila mencegah seseorang mendapatkan penyakit ini sangat penting. Maka dari itu, harus paham metode pencegahan sehingga terhindar dari berbagai kemungkinan, termasuk bisa menghindarkan kita dari tindakan lasik yang diperuntukkan penderita Kelainan refraksi. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Perbaiki Pola Hidup

Memperbaiki pola hidup seperti tidak merokok, menjaga berat badan, dan menghindarkan diabetes menjadi salah cara terbaik dalam mencegah kehadiran katarak ini. Pola hidup seseorang memanglah berbeda beda. Menjalani pola hidup sehat akan sangat membantu menghindarkan diri dari katarak.

Karena katarak muncul akibat beberapa pola hidup tidak sehat. Memperbaiki bagaimana Anda memanfaatkan waktu dan mengkonsumsi berbagai produk kesehatan. Langkah terbaik tentunya adalah dengan menghindari kebiasan buruk tadi.

2. Manajemen Makanan dan Waktu

Salah satu cara terbaik agar tidak terkena katarak tentunya mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya akan vitamin mata. Terdapat cukup banyak makanan yang bisa Anda cicipi sehat dan punya khasiat untuk mata. Di zaman moderen seperti sekarang sangat mudah menemukan makan bernutrisi

Tidak hanya memperhatikan makanan, manajemen waktu sangat penting di era digital seperti sekarang ini. Bagaimana tidak, hampir semua orang saat ini bekerja lewat komputer. Mengatur waktu kerja dan membiarkan mata beristirahat adalah keputusan terbaik.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri mata katarak pada seseorang. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, salah satu cara terbaik untuk menghindarkan seseorang dari penyakit ini adalah mengetahui tanda tandanya dapat mengobatinya sedini mungkin.

Saksikan pula video Kesehatan mata di bawah ini

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular