HomeBerita KatarakTempat Operasi Katarak: 5 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan

Tempat Operasi Katarak: 5 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan

Tempat operasi katarak – Katarak merupakan sebuah gangguan penglihatan karena adanya kekeruhani lensa mata sehingga pandangan menjadi kabur, keruh, dan tidak dapat melihat dengan jelas.

Katarak biasanya muncul dikarenakan faktor usia, namun ada pula faktor lain yang menyebabkan dan meningkatkan resiko katarak yaitu diabetes, perokok aktif, hingga tekanan darah tinggi. 

Terdapat banyak sekali pencegahan yang dapat dilakukan seperti makan makanan bergizi, pola hidup sehat, menghindari rokok, menjaga kadar gula darah, dan yang paling penting adalah periksa mata rutin 1 tahun sekali ke dokter mata agar dapat mendeteksi adanya katarak sehingga penanganan menjadi lebih cepat dan efektif.

Operasi Katarak

Operasi katarak adalah adalah tindakan yang dilakukan untuk mengatasi katarak dengan cara mengangkat lensa mata dan menggantinya dengan lensa buatan yang baru. Berbeda dengan lasik, jika lasik adalah salah satu opsi untuk menyembuhkan penderita mata dari silindris, minus, atau plus, Operasi katarak merupakan solusi utama untuk penderita mata katarak, karena jika katarak dibiarkan dan sudah semakin parah maka bisa menyebabkan risiko yang lebih fatal.

Baca juga :

-Penting! Kenali Gejala Katarak

-Tidak perlu takut operasi katarak

Tempat Operasi Katarak

Salah satu pertimbangan dalam memilih Tempat Operasi Katarak adalah dengan memastikan alat pemeriksaan canggih dan akurat

5 Pertimbangan Memilih Tempat Operasi Katarak
Operasi Katarak merupakan tindakan yang paling aman untuk menyembuhkan penderita Katarak. Sehingga, wajar bila banyak tempat operasi Katarak seperti: Klinik Mata dan Rumah Sakit yang menyediakan Operasi Katarak. 

Untuk memudahkan Anda dalam memilih Tempat Operasi Katarak, maka ada 5 hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat operasi katarak.

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat memilih tempat operasi katarak :

  1. Pastikan Dokter Spesialis Mata yang Berpengalaman

Dokter spesialis mata yang berpengalaman harus jadi hal yang paling kamu pertimbangkan dalam memilih tempat operasi katarak. Karena semakin berpengalaman dokter mata dalam menangani kasus katarak, maka dokter tersebut sudah memiliki kredibilitas yang baik untuk melakukan tindakan operasi katarak. Kamu bisa lho untuk mencari tau profil dokter yang ada di setiap rumah sakit atau klinik mata, setelah mengetahui kredibilitas dokter, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal penting selanjutnya.

  1. Memiliki Alat Operasi yang Canggih
    Hal ini perlu diperhatikan, karena peralatan medis yang modern dengan teknologi terkini dapat menunjang ketepatan diagnosa & akurasi penanganan masalah kesehatan mata. Dalam tindakan operasi katarak, alat yang canggih penting untuk meminimalisasi resiko dan mempercepat pemulihan pasca operasi. Teknologi yang canggih saat ini adalah Operasi Phacoemulsification yaitu teknologi operasi katarak tanpa jahit dan hanya membutuhkan waktu yang singkat.
  2. Memiliki metode operasi yang lengkap

Seperti yang sudah kita bahas di poin 3, kita harus mengenali dulu macam metode yang dimiliki sebuah rumah sakit atau klinik mata dalam menangani operasi katarak. Secara umum, operasi katarak memiliki 3 metode yaitu :

-ECCE
ini merupakan teknik operasi katarak konvensional, dimana lensa dikeluarkan melalui sayatan selebar 8-10mm. Teknik operasi ini membutuhkan waktu penyembuhan dan pemulihan yang  lebih lama.
-SICS (Small Incision Cataract Surgery)

Teknik operasi ini menggunakan jahitan dengan sayatan 6 – 10 mm. Proses operasinya membutuhkan waktu 15-30 menit.

-Operasi Phacoemulsification
Operasi dengan teknik phacoemulsification ini merupakan operasi tanpa jahitan, dimana pasien bisa pulih dan sembuh lebih cepat. Proses operasi  Phacoemusification ini juga terbilang lebih  cepat, dengan menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit. Teknik operasi ini mampu mengurangi rasa nyeri, ngeres atau ketidaknyamanan setelah operasi. Pasca operasi dengan teknik ini, bahkan pasien bisa Langsung pulang dengan waktu penyembuhan kurang lebih 2 minggu hingga 1 bulan.



Tempat Operasi Katarak Metode Canggih

Baca juga :
-Mengenal 3 Jenis Operasi Katarak
-6 Keunggulan Operasi Phacoemulsification

  1. Pilih Tempat Operasi yang edukatif dan responsif
    Dalam memilih tempat operasi katarak, kamu bisa menilai apakah rumah sakit dan klinik mata yang akan kamu pilih edukatif atau tidak. Mengapa hal ini penting? Karena anda pasti membutuhkan banyak informasi terkait jenis metode operasi, pilihan lensa mulai dari lensa biasa  hingga IOL Premium yang lebih jernih tanpa kacamata, hingga jenis layanan yang tersedia. Klinik atau rumah sakit yang responsif akan memudahkanmu dan pasien untuk mempertimbangkan pilihan terbaik.
  2. Perhatikan Jenis Layanan yang tersedia (BPJS, Umum, VIP)

Jenis layanan yang tersedia juga wajib kamu perhatikan, supaya kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keadaanmu. Jika kamu punya BPJS dan ingin menggunakannya, maka kamu harus mencari klinik yang melayani rujukan BPJS. Begitupula bila kamu ingin layanan yang ekstra dan kamu rela membayar lebih untuk pelayanan tersebut, maka kamu bisa mencari klinik mata yang meimiliki layanan khusus VIP. 

Nah, itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih tempat operasi katarak. Dengan memperhatikan 5 hal tersebut, diharapkan kamu dapat mendapatkan pelayanan terbaik dan sesuai kebutuhan. 

Tonton juga video terkait info dan update terkini tentang Katarak:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular