HomeGejala Katarak9 Gejala Katarak yang Perlu Kamu Ketahui

9 Gejala Katarak yang Perlu Kamu Ketahui

Katarak adalah kondisi kekeruhan pada lensa mata. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kebutaan terbesar di Indonesia dan banyak menjangkit lansia. Penting bagi masyarakat dalam mengetahui Gejala Katarak, untuk melakukan pemeriksaan dengan cepat dan tepat. Deteksi dini, dapat mencegah komplikasi akibat Katarak.

Fakta menarik tentang Katarak ini adalah, Katarak juga menjadi ancaman bagi anak muda. Jika anda menginginkan masa tua yang bahagia dengan tidak kehilangan penglihatan maka sebaiknya anda perlu mengetahui gejala penyakit ini secara dini.

Baca juga:
11 Golongan Orang Dengan Resiko Katarak
Tiga Jenis Katarak Berdasarkan Letaknya

Gejala Katarak Yang Perlu Diwaspadai

Terdapat beberapa gejala katarak yang bisa mengancam mata anda kapanpun. Pada tahap awal penderita biasanya kerap mengabaikannya karena dianggap tidak terlalu menggangu. Namun jika gejala ini tidak segera ditangani maka akan berdampak pada kebutaan.

Penderita mata katarak akan merasakan beberapa gejala seperti:

1. Sering mengganti ukuran kacamata

Jika anda sering mengganti ukuran kacamata maka anda perlu mencurigainya sebagai ancaman katarak. Ini merupakan salah satu gejala katarak yang ringan. Kondisi ini dipengaruhi oleh progresifitas dari perkembangan katarak yang berakibat pada memburuknya kondisi penglihatan. Sehingga penderita akan sering menyesuaikan ukuran kacamata.

2. Pandangan kabur

Jika anda memiliki pandangan yang kabur saat melihat suatu objek yang jauh atau saat membaca tulisan, maka anda patut mencurigainya sebagai salah satu gejala katarak. Jika kondisi ini dibiarkan maka pandangan yang awalnya sedikit kabur seiring waktu akan semakin parah.

3. Pandangan ganda

Saat melihat suatu objek benda atau cahaya dengan satu mata maka objek akan terlihat seperti ganda. Kondisi ini disebabkan oleh keruhnya lensa mata.

4. Pandangan seperti berasap

Bila pandangan anda mengalami keburaman seperti berasap, maka segera konsultasikan ke dokter mata atau klinik mata. Kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala katarak namun juga dapat disebabkan oleh faktor ganguan mata yang lain.

5. Penglihatan saat malam menurun

Jika anda kesulitan untuk melihat pada malam hari, maka anda perlu waspada dengan ancaman katarak. Penderita katarak akan memiliki pandangan yang semakin gelap saat malam hari. Karenanya penderita akan disarankan untuk berhati-hati saat berkendara di malam hari.

6. Saat melihat sorotan lampu akan merasa silau

Penderita katarak akan memiliki sensifitas yang tinggi pada paparan sinar atau cahaya. Saat melihat cahaya penderita akan merasa silau dan terasa sakit, terutama jika cahaya langung disorotkan ke depan wajah.

7. Melihat lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya

Jika saat memandang sinar anda melihat adanya lingkaran cahaya maka anda perlu waspada dengan gejala katarak. Kondisi ini muncul karena menurunnya ketajaman lensa mata saat terpapar cahaya.

8. Terjadi perubahan persepsi warna

Penderita katarak di dominasi oleh lansia, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga mengancam anak muda. Salah satu gejala yang dialami penderita katarak usia produktif adalah mengalami perubahan persepsi pada warna

9. Penglihatan berubah menjadi kuning

Saat keluhan katarak semakin parah, penderita akan mengeluhkan penglihatan yang berubah menjadi kuning. Hal ini disebabkan oleh gumpalan protein pada lensa mata yang berubah menjadi kuning kecoklatan. Akibatnya penderita akan sulit untuk membedakan warna.

Baca Juga:

Tempat Operasi Katarak : 5 Hal Ini harus Anda Pertimbangkan
Daftar Operasi Katarak Gratis 2022

gejala katarak
Katarak bisa disembuhkan melalui operasi

Beberapa gejala ini perlu untuk anda waspadai. Jika anda merasa mulai mengalami salah satunya, maka sebaiknya segera periksakan mata anda ke dokter mata atau klinik mata terdekat. Dengan memeriksakan kondisi mata sedini mungkin maka anda telah meminimalkan gejala katarak dan mencegah terjadinya kebutaan yang menjadi salah satu ancaman katarak.

Namun jika anda telah menderita katarak, anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini dapat disembuhkan dengan melakukan proses operasi katarak di klinik mata atau rumah sakit terdekat. Operasi ini tersedia dengan tiga cara yaitu  operasi Phacoemulsification, ECCE (Extra Capsular Cataract Extraction, dan Small Incicion Cataract Surgery. Sama halnya dengan operasi atau tindakan refraktif/Refraksi lainnya, seperti Operasi Lasik, Operasi Katarak hanya berlangsung selama kurang lebih 10 – 15 menit saja, dan tidak sakit.

Tonton juga video terkait info dan update terkini tentang Katarak:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular