HomeUncategorizedWaspada, Ini 4 Penyebab Katarak Pada Anak!

Waspada, Ini 4 Penyebab Katarak Pada Anak!

Katarak pada anak
Ilustrasi Katarak Pada Anak

Katarak Pada Anak – Katarak yang kita tahu pada umumnya hanya terjadi pada orang tua atau lansia. Usia yang menua merupakan hal yang familiar jika dihubungkan dengan mata katarak.Ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa, ada katarak pada anak yang perlu diwaspadai. 

Katarak juga bisa mengenai bayi dan anak-anak. Istilahnya di dunia kedokteran adalah katarak kongenital. Apa itu katarak kongenital? Lalu apa saja penyebab yang harus diwaspadai?

Meskipun jarang terjadi, karena presentasenya sangat kecil dibandingkan katarak yang menimpa orang dewasa, kita semua tetap harus mengantisipasi dan bersikap waspada. Sama hal nya dengan katarak pada orang dewasa, penanganan katarak pada bayi juga dapat diatasi dengan operasi katarak, tindakan tersebut harus didasari dan diarahkan menurut pertimbangan dokter mata. Maka dari itu,  penting bagi kita untuk memahami mulai dari apa itu katarak kongenital pada anak dan penyebab apa saja yang harus dicegah.

Baca juga :
WASPADAI KATARAK KONGENITAL PADA BAYI

Mengenal Katarak Juvenil Yang Mengincar Remaja

Katarak Pada Anak (Katarak Kongenital)

Katarak kongenital adalah katarak yang terjadi pada mata bayi karena masalah pada saat kehamilan. Dengan kata lain, bayi penderita katarak kongenital mengalami kekeruhan pada lensa sejak masa kehamilan.

Seperti yang sering kita bahas, lensa mata memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata menuju retina, sehingga mata dapat menangkap gambar dengan jelas. Pada lensa mata yang keruh, sinar cahaya yang masuk ke mata menjadi tersebar sehingga gambar yang diterima mata menjadi kabur, tidak fokus, dan tidak jelas.


Jika anak Anda menderita katarak kongenital, biasanya bayi akan menunjukkan tanda-tanda, seperti terdapat noda keabu-abuan yang terlihat pada pupil mata bayi Anda atau bisa saja tidak, penglihatan bayi terlihat tidak peka dengan lingkungan sekitarnya (misalnya, bayi tidak menoleh ketika ada orang di sampingnya), atau pergerakan mata bayi yang tidak biasa. Bila bayi anda mengalami tanda-tanda tersebut, segera periksakan ke dokter spesialis mata atau klinik mata terpercaya terdekat.

Baca Juga :
Operasi Katarak Dijamin BPJS Kesehatan, Ini Aturannya

5 Tahap Pemeriksaan Katarak Ini Harus Dilakukan Dokter

Katarak pada bayi ini bisa terjadi sekaligus pada dua mata, atau bisa menyerang salah satunya. Baik terkena kedua mata maupun salah satunya, tentu saja akan mengganggu penglihatan sang bayi dan dapat mengganggu tumbuh kembang indera penglihatan bayi yang nantinya berpotensi menurunkan kualitas hidup. Untuk itu para orangtua harus waspada untuk mencegahnya dengan mengenali penyebab katarak kongenital ini.

4 Penyebab Katarak Pada Anak

Seperti yang telah kita bahas bersama, Katarak kongenital adalah katarak yang terjadi sejak bayi. Bahkan bisa jadi sejak dalam kandungan. Penyebabnya antara lain sebagai berikut:

  1. Infeksi 

Faktor pertama yang menjadi penyebab  katarak pada anak bayi atau sejak dalam kandungan adalah saat hamil ibu menderita penyakit infeksi. Penyebab paling umum adalah rubella atau campak. Tak hanya itu, bisa juga ketika hamil ibu terpapar penyakit infeksi lainnya seperti cacar air, cytomegalovirus, herpes simplex, herpes zoster, influenza, poliomyelitis, toksoplasmosis, virus Epstein-Barr, dan sifilis. Infeksi yang terjadi pada ibu tersebut berpotensi untuk menyebabkan katarak pada bayi. 

  • Faktor genetik

Penyebab lainnya adalah faktor genetik atau keturunan. Kekeruhan lensa mulai terjadi saat pembentukan protein. Ketika terjadi kelainan dalam proses ini, lensa mata tidak dapat mempertahankan transparansinya sehingga menghasilkan noda keruh pada bagian mata ini.

  • Lahir prematur

Kelahiran prematur juga bisa menjadi penyebab bayi mengalami katarak. Sebab pada masa itu mungkin lensa mata belum terbentuk dengan sempurna, sehingga ia tidak bersifat jernih dan dapat melihat sebagaimana mestinya.

  • Efek samping obat

Jika Ibu sedang hamil, diharapkan untuk lebih berhati-hati agar tidak mengonsumsi obat sembarangan. Sebab obat-obatan tertentu, seperti tetracycline bisa menjadi penyebab katarak pada janin yang Anda kandung. Untuk itu, ibu wajib konsultasi ke dokter bila dibutuhkan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu saat masa kehamilan.

Seperti itulah penyebab katarak pada anak yang wajib untuk diketahui para orangtua, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. Tonton video dibawah ini untuk mengetahui edukasi seputar mata yang lainnya ya

Saksikan Video-Video tentang Katarak lainnya:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular