HomeInformasiPersiapan Operasi Katarak Bagi Penderita Diabetes

Persiapan Operasi Katarak Bagi Penderita Diabetes

Seseorang yang yang menderita diabetes lebih mungkin menumbuhkan Katarak dibandingkan orang yang tidak mederita Diabetes. Karena, Diabetes dan Katarak memiliki hubungan yang erat. Karena itu, butuh persiapan Operasi Katarak bagi penderita Diabetes yang memang dilakukan secara khusus.

Penderita Katarak dan Diabetes membutuhkan perawatan khusus dan penuh kehati-hatian dalam mengontrol kadar gula dan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, Diabetes memang sangat berpengaruh pada kesehatan mata bahkan berisiko kebutaan.

Perawatan khusus untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes dan katarak, memerlukan perawat mata yang lebih sulit dan harus hati hati dalam memilih teknik operasi untuk pengobatan yang terbaik. Karena itu, persiapan operasi Katarak bagi penderita diabetes ini membutuhkan waktu yang lebih lama dan detail. Jika mendapat penanganan yang tidak tepat, maka dapat membuat parah keadaan retinopati diabetik.

BACA JUGA:

-3 METODE OPERASI KATARAK YANG PERLU KAMU KETAHUI

-FAKTOR PENYEBAB KATARAK DAN CARA MENCEGAHNYA

WASPADAI KATARAK KONGENITAL PADA BAYI

Penderita Katarak dan Diabetes Harus Memperhatikan Hal Ini

Yang perlu diperhatikan bagi penderita diabetes yang akan melakukan operasi katarak adalah, harus menjaga pola makan dan menurunkan kadar gula darah terlebih dahulu. Karena operasi katarak hanya dapat dilakukan apabila kadar gula darah terkontrol dengan baik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko pasca operasi.

Setelah kadar gula normal, maka pasien siap untuk dilakukan operasi. Operasi katarak pada penderita diabetes tidak jauh berbeda dengan operasi katarak pada umunya, yaitu bisa dengan operasi Katarak phacoemulsification.

BACA JUGA:

-10 JENIS KATARAK DAN CARA PENCEGAHANNYA

Mengenal 3 Jenis Teknik Operasi Katarak

-6 Keunggulan Operasi Katarak Phacoemulsification

Persiapan Operasi Katarak Bagi Penderita Diabetes

Persiapan operasi katarak bagi penderita diabetes
Persiapan operasi katarak bagi penderita diabetes

Lalu apa yang harus dilakukan bagi penderita diabetes yang juga mengalami katarak dan akan melakukan operasi katarak? Yang harus dilakukan yaitu dengan cara  mengubah pola hidup dan pola makan sehari-hari, diet, olah raga, memonitor gula darah, tekanan darah dan kolesterol.

Selain itu, penderita juga harus mengonsumsi obat-obatan diabet yang disarankan dokter secara teratur dan penderita juga disarankan memeriksakan matanya secara rutin. Bahkan, penderita Diabetes dan Katarak dapat juga menyembuhkan kelainan refraksi seperti mata minus dengan cara Lasik sekalipun, asal kondisi diabetes terpantau dengan baik.

Peran Dokter Mata Dalam Persiapan Operasi Katarak Bagi Penderita Diabetes

Hal ini juga harus melalui pemeriksaan dokter spesialis mata dengan detail. Dokter Mata akan memeriksa dan memantau perkembangan kesehatan mata. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke klinik mata terdekat.

Prinsip pencegahan lebih baik daripada mengobati menjadi gaya hidup terutama pada  penyakit kelompok risiko tinggi seperti diabetes. Apabila sudah terkena diabetes melitus, disarankan melakukan pemeriksaan awal ke dokter mata agar dapat diketahui kelainan sejak dini sebelum terjadi komplikasi yang lanjut.

Bila Anda, rekan atau kerabat dekat yang menderita Katarak dan Diabetes, maka jangan ragu untuk menanyakan kepada Dokter Mata di Klinik Mata atau Rumah Sakit terdekat.

Saksikan juga video terkait update & informasi tentang Katarak berikut:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular